Sabtu, 4 Desember 2021

OJK Gandeng Kadin Kota Cirebon Gelar Edukasi Keuangan Syariah

Populer

Pria Asal Cirebon ini Sukses Menjadi Importir Ikan Koi

Cirebon,- Pehobi ikan koi asal Cirebon, Jawa Barat berhasil menjadi dealer koi import ternama di kancah dunia perkoian nusantara....

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Kearifan Lokal Kerajinan Gerabah di Blok Posong Arjawinangun, Cirebon Terancam Hilang, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Cirebon,- Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun terletak di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Secara kontur, letak permukaan tanah adalah datar...

Cirebon,- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon menggelar edukasi keuangan pembayaran syariah dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor OJK Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Senin (14/6/2021).

Edukasi tersebut dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah, serta memberikan pembiayaan yang mudah, cepat dan berbiaya rendah. Kegiatan ini dihadiri anggota Kadin Kota Cirebon dan juga Bank Syariah Indonesia (BSI) Cirebon.

Nana Rosdiana, Kabag Pengawasan LJK OJK Cirebon mengatakan upaya perluasan akses masyarakat ke sektor jasa keuangan atau Inklusi keuangan kini menjadi mutlak dibutuhkan. Karena, akses terhadap sektor jasa keuangan merupakan hak seluruh masyarakat.

Loading...

Lanjut Nana, hampir seluruh bentuk aktivitas ekonomi masyarakat memerlukan peranan sektor jasa keuangan guna mendukung aktivitas ekonomi tersebut. Beberapa contoh sederhananya antara lain, produk tabungan mulai dari kalangan pelajar hingga dewasa, program kredit dan pembiayaan untuk pengembangan usaha produktif atau konsumtif.

BACA YUK:  Tingkatkan Pemahaman Layanan Jasa Keuangan, OJK Cirebon Gelar Kegiatan BIK 2021

Pemerintah Indonesia semakin menyadari pentingnya upaya peningkatan inklusi keuangan. Hal ini, tampak dari kebijakan pemerintah yang menetapkan peningkatan terwujudnya keuangan inklusif sebagai salah satu sasaran strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Satu sasaran penguatan sektor keuangan dalam lima tahun mendatang yaitu meningkatnya akses masyarakat dan UMKM terhadap layanan jasa keuangan formal dalam kerangka pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan,” ujar Nama.

Pihaknya yakin, UMKM dan pengusaha akan menjadi katalisator dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) termasuk di Kota Cirebon. Oleh karena itu, OJK melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terus melakukan percepatan akses keuangan di daerah.

“Ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, serta untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan di atas 90 perse pada tahun 2024,” ujarnya.

BACA YUK:  Tajug Agung Kini Masjid Raya At Taqwa

Pada tahun ini, kata Nana, TPAKD memiliki program tematik yaitu “Pembiayaan yang Mudah, Cepat, dan Berbiaya Rendah”. Sebagai realisasi program tersebut, pada pertemuan kali ini, kami dan BSI akan berbagi bagaimana cara mempersiapkan pengajuan pembiayaan kepada bank dan cara menjaga kredibilitas debitur melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Namun, tambah Nana, yang harus dipahami bersama bahwa pembiayaan dari perbankan bukan serta merta akan memajukan pengusaha. Banyak faktor lain seperti pemasaran, penjualan, atau inovasi produk yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

“Oleh karena itu, kami juga memiliki produk Kelas Inklusi Keuangan (Kelingan) secara online setiap bulan bagi UMKM. Salah satu tujuan utamanya meningkatkan kapasitas UMKM agar dapat naik kelas,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kadin Kota Cirebon, Ismayasari mengatakan kegiatan ini hadir karena ada sinergitas antara OJK dan Kadin Kota Cirebon. Kami menyadari perlu adanya edukasi tentang keuangan kepada UMKM dan IKM.

“Alhamdulillah pihak OJK menyetujui dan melibatkan BSI dalam hal ini. Bahkan antusias peserta dalam kegiatan ini sangat bagus sekali,” ujar Iis sapaan akrabnya.

Kadin Kota Cirebon, kata Iis, punya harapan besar dengan adanya moment seperti ini. Salah satunya yaitu dengan lesunya usaha yang dilakukan oleh para pengusaha, memiliki angin segar dalam hal permodalan dari pihak ketiga.

“Ini bisa menambah gairah untuk para pengusaha untuk terus berusaha. Kami akan terus mendukung dalam bidang edukasi dan marketingnya,” jelas Iis.

BACA YUK:  Masjid Raya At Taqwa Landmark Kota Wali

Menurut Iis, Kadin Kota Cirebon tidak hanya menyelenggarakan kegiatan seperti ini saja. Namun ada follow-up berikutnya yang memiliki tanggung jawab dalam mendukung perekonomian Kota Cirebon kondusif dan memiliki tingkat saing yang berarti. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

PHRI Kota Cirebon Siap Menjalankan PPKM Level 3, Tiadakan Perayaan Malam Tahun Baru

Cirebon,- Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah pusat akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 selama...

Jelang Nataru, Satpol PP Kota Cirebon Sosialisasi PPKM Level 3 Kepada Pelaku Usaha

Cirebon,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon mengundang pelaku usaha, perhotelan, dan hiburan malam dalam kegiatan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)...

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Kota Cirebon Capai 99 Persen

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus mempercepat program vaksinasi COVID-19 untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Berdasarkan data tanggal 2 Desember 2021, capaian...

Dompet Dhuafa Terima Penghargaan dari Kementerian Agama di Malam Apresiasi Festival Literasi Zakat Wakaf 2021

Jakarta,- Pada Malam Apresiasi Festival Literasi Zakat Wakaf 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Dompet Dhuafa sukses membawa pulang penghargaan dalam program wakaf produktif....

More Articles Like This