Menjaga Cita Rasa Kue Tapel Khas Cirebon Hingga Lebih Dari 50 Tahun

Cirebon,- Keanekaragaman kuliner khas membuat Cirebon semakin kaya. Aneka makanan berat hingga makanan ringan tersedia di Cirebon dengan rasa yang lezat dan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu kudapan khas Cirebon yang melegenda diantaranya yakni Kue Tapel. Makanan yang manis dan enak ini menjadi cemilan yang digandrungi oleh berbagai kalangan dan berbagai usia.

Bagi masyarakat Kota Cirebon mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kue Tapel Mba Lena yang berlokasi di Jalan Pagongan. Tau kah kamu? Kue Tapel tersebut sudah melegenda hingga lebih dari 50 tahun dan sudah memasuki turunan ke-4.

BACA YUK:  Praktisi Sebut Laju Pertumbuhan Media Sosial Lebihi Tingkat Populasi Penduduk Indonesia, Manfaatkan!

“Kue tapel disini sudah lama banget, saya aja sudah turunan ke-4 mulai dari Ma Endut, Ma Entin, Mba Lena mertua saya, dan saya,” ungkap wanita yang akrab disapa Mba Fifi ini.

Dia mengaku sejak jaman dulu rasanya tidak pernah berubah. Karena bahan dan adonan kue tapel ini terus dijaga dan dilestarikan. Tempat yang ala kadarnya menjadi ciri khas unik meski orderan terus bertambah.

Sedikit bercerita, Mba Fifi mengatakan saat dia masih kecil harga Kue Tapel ini hanya Rp30 saja. Lalu kemudian terus menerus naik seiring perkembangan jaman, hingga kini sudah mencapai Rp6000 per porsi. Dalam sehari, Kue Tapel ini bisa keluar sebanyak 400 porsi.

BACA YUK:  Asah Kreativitas, Aston Cirebon Hotel Buka Kelas Macrame

“Sehari bisa 4 sampai 5 kilo adonan dan bisa membuat sekitar 300 sampai 400 porsi,” tambahnya.

Buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Pada pagi hari biasanya yang melayani Mba Lena, dan siang hari biasanya Mba Fifi (menantu dari Mba Lena). Kadang-kadang sebelum jam 15.00 WIB Kue Tapel ini sudah habis, saking banyaknya pesanan atau antrian.

Terpopuler

BACA YUK:  Nyemil Ciki Sudah Bosen? Yuk Jajan Telor Gulung

Makanan khas Cirebon ini pun sudah masuk ke TV-TV nasional. Bahkan Mba Lena maupun Mba Fifi sudah tak asing wara-wiri di TV Nasional menunjukkan cara pembuatan Kue Tapel. (AC560)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *