Kamis, 28 Oktober 2021

Katon Tourism Expo 2019 Ajang Promosi Destinasi Wisata di Wilayah Cirebon

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Katon Tourism Expo 2019 siap diselenggarakan pada tanggal 12 sampai 15 September 2019 yang akan berlangsung di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon.

Event Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi wisata, bisnis meeting, fam trip dan juga hiburan untuk memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Rencananya, event Katon Tourism Expo 2019 akan dihadiri para pelaku pariwisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti India, Malaysia, Turki, Singapore, dan Thailand.

Loading...

1. Promosikan Wisata Cirebon

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan kegiatan Katon Tourism Expo 2019 merupakan kegiatan dari Disbudparpora Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019 bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat, serta asosiasi lain.

“Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan tentang destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon khususnya, umumnya di wilayah Cirebon,” ujarnya saat Press Conference di Kantor Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Senin (9/9/2019).

BACA YUK:  Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Wilayah Jawa Bagian Barat

Baca Yuk: Pemerintah Kabupaten Cirebon dan ASPPI Wilayah III Jawa Barat Siap Gelar Katon Tourism Expo 2019

Lanjut Hartono, tujuan yang utama dari Katon Tourism Expo 2019 selain mempromosikan destinasi wisata, yaitu mengundang wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara datang ke Cirebon.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini harapan Pemerintah Kabupaten Cirebon, bahwa Cirebon akan lebih dikenal dan didatangi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ungkapnya.

2. Pariwisata Sumber PAD

Untuk diketahui, kata Hartono, PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang bersumber dari pariwisata ini merupakan primadona setiap tempat. Kalau secara nasional PAD Pariwisata mendapatkan urutan ketiga diatas minyak bumi.

BACA YUK:  Banjir Promo di Spektra Fair, Catat 96 Kota yang Beruntung

“Di Kabupaten Cirebon juga, ini merupakan primadona PAD Pariwisata dari pajak hotel dan restoran, kita mendapat urutan yang ke-3, setelah PBB,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses, sukses kehadirannya para pelaku pariwisata ke Cirebon dan sukses pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, serta akhirnya Cirebon akan lebih dikenal dan didatangai oleh wisatawan sesuai dengan tagline yang dimiliki yaitu Kabupaten Cirebon Katon.

3. Diakui Event Nasional

Puncak dari acara Katon Tourism Expo 2019, kata Hartono, akan dimeriahkan dengan arak-arakan Nadran di Gunung Jati pada tanggal 14 September 2019.

“Perlu saya sampaikan, acara Nadran Gunung Jati mulai tahun kemarin diubah namanya menjadi Festival Budaya Cirebon,” ujarnya.

“Perubahan nama itu oleh Kementerian Pariwisata sudah diakui dan sudah masuk di dalam seratus kalender event nasional,” imbuhnya.

Tahun depan, tambah Hartono, sudah mengusulkan beberapa event seperti Festival Budaya Cirebon di Gunung Jati, Kirab setiap hari jadi Kabupaten Cirebon, hingga Memayu Trusmi diusulkan sebagai event nasional.

“Mudah-mudahan tahun depan Cirebon Carnival juga menjadi event nasional,” ungkapnya.

Baca Yuk: Katon Tourism Expo 2019 Akan Dihadiri Buyer dari Dalam dan Luar Negeri

4. Persiapan Mencapai 90 Persen

Sementara itu, Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rozak menambahkan untuk persiapan Katon Tourism Expo 2019 sudah mencapai 90 persen.

“Untuk perubahan agenda tidak begitu berarti, hanya saja yang awalnya di hari ketiga akan di Batulawang, kita ubah dihari terakhir,” jelasnya.

Untuk peserta sendiri, lanjut Rozak, dari 100 buyer yang rencananya akan hadir, sampai saat ini yang sudah konfirmasi sudah 80 persen.

BACA YUK:  SSA Showroom Resmi Viar Motor Indonesia Terlengkap di Wilayah III Cirebon

“Bahkan ada tambahan lagi peserta dari mancanegara yang akan hadir yakni dari India. Kemarin sudah ada Turki, Malaysia, Singapore, dan Thailand, dan sekarang ditambah dari India,” bebernya.

BACA YUK:  Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan Lakukan Sampling Tes Swab di Sekolah

Pihaknya menargetkan, kunjungan masyarakat pada acara Katon Tourism Expo 2019 sebesar 5 ribu sampai 10 ribu pengunjung.

“Mudah-mudahan acara Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses dan sesuai dengan yang diinginkan,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

UGJ Gelar Wisuda Sarjana dan Magister ke-60 dan 61 Tahun 2021

Cirebon,- Wisuda sarjana dan magister ke-60 dan 61 tahun 2021 Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon diselenggarakan di Hotel Swissbell Hotel Kota Cirebon, Selasa...

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This