Kamis, 14 November 2019

Katon Tourism Expo 2019 Ajang Promosi Destinasi Wisata di Wilayah Cirebon

Populer

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Begini Tradisi Pencucian Gong Sekati di Keraton Kanoman Cirebon Jelang Maulid Nabi

Cirebon,- Jelang peringatan maulid Nabi SAW, Keraton Kanoman Cirebon melaksanakan tradisi Pencucian Gong Sekati yang berlangsung di Langgar Alit...

Claudia Emmanuela Santoso Gadis Cirebon Masuk Final The Voice of Germany

Cirebon,- Gadis Asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany lolos ke babak...

Andra & The Backbone Meriahkan Puncak HUT ke-5 RSIA Cahaya Bunda Cirebon

Cirebon,- Perayaan puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda berlangsung meriah,...

Swiss-Belhotel Cirebon Akan Suguhkan Costum Anime Cosplay di Malam Pergantian Tahun

Cirebon,- Dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru 2020, Swiss-Belhotel Cirebon akan menggelar acara yang bertajuk “Cosplay Starlight New Year...

Cirebon,- Katon Tourism Expo 2019 siap diselenggarakan pada tanggal 12 sampai 15 September 2019 yang akan berlangsung di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon.

Event Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi wisata, bisnis meeting, fam trip dan juga hiburan untuk memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Rencananya, event Katon Tourism Expo 2019 akan dihadiri para pelaku pariwisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti India, Malaysia, Turki, Singapore, dan Thailand.

1. Promosikan Wisata Cirebon

Loading...

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan kegiatan Katon Tourism Expo 2019 merupakan kegiatan dari Disbudparpora Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019 bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat, serta asosiasi lain.

“Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan tentang destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon khususnya, umumnya di wilayah Cirebon,” ujarnya saat Press Conference di Kantor Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Senin (9/9/2019).

Baca Yuk: Pemerintah Kabupaten Cirebon dan ASPPI Wilayah III Jawa Barat Siap Gelar Katon Tourism Expo 2019

Lanjut Hartono, tujuan yang utama dari Katon Tourism Expo 2019 selain mempromosikan destinasi wisata, yaitu mengundang wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara datang ke Cirebon.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini harapan Pemerintah Kabupaten Cirebon, bahwa Cirebon akan lebih dikenal dan didatangi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ungkapnya.

2. Pariwisata Sumber PAD

Untuk diketahui, kata Hartono, PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang bersumber dari pariwisata ini merupakan primadona setiap tempat. Kalau secara nasional PAD Pariwisata mendapatkan urutan ketiga diatas minyak bumi.

“Di Kabupaten Cirebon juga, ini merupakan primadona PAD Pariwisata dari pajak hotel dan restoran, kita mendapat urutan yang ke-3, setelah PBB,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses, sukses kehadirannya para pelaku pariwisata ke Cirebon dan sukses pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, serta akhirnya Cirebon akan lebih dikenal dan didatangai oleh wisatawan sesuai dengan tagline yang dimiliki yaitu Kabupaten Cirebon Katon.

3. Diakui Event Nasional

Puncak dari acara Katon Tourism Expo 2019, kata Hartono, akan dimeriahkan dengan arak-arakan Nadran di Gunung Jati pada tanggal 14 September 2019.

“Perlu saya sampaikan, acara Nadran Gunung Jati mulai tahun kemarin diubah namanya menjadi Festival Budaya Cirebon,” ujarnya.

“Perubahan nama itu oleh Kementerian Pariwisata sudah diakui dan sudah masuk di dalam seratus kalender event nasional,” imbuhnya.

Tahun depan, tambah Hartono, sudah mengusulkan beberapa event seperti Festival Budaya Cirebon di Gunung Jati, Kirab setiap hari jadi Kabupaten Cirebon, hingga Memayu Trusmi diusulkan sebagai event nasional.

“Mudah-mudahan tahun depan Cirebon Carnival juga menjadi event nasional,” ungkapnya.

Baca Yuk: Katon Tourism Expo 2019 Akan Dihadiri Buyer dari Dalam dan Luar Negeri

4. Persiapan Mencapai 90 Persen

Sementara itu, Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rozak menambahkan untuk persiapan Katon Tourism Expo 2019 sudah mencapai 90 persen.

“Untuk perubahan agenda tidak begitu berarti, hanya saja yang awalnya di hari ketiga akan di Batulawang, kita ubah dihari terakhir,” jelasnya.

Untuk peserta sendiri, lanjut Rozak, dari 100 buyer yang rencananya akan hadir, sampai saat ini yang sudah konfirmasi sudah 80 persen.

“Bahkan ada tambahan lagi peserta dari mancanegara yang akan hadir yakni dari India. Kemarin sudah ada Turki, Malaysia, Singapore, dan Thailand, dan sekarang ditambah dari India,” bebernya.

Pihaknya menargetkan, kunjungan masyarakat pada acara Katon Tourism Expo 2019 sebesar 5 ribu sampai 10 ribu pengunjung.

“Mudah-mudahan acara Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses dan sesuai dengan yang diinginkan,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Rapper Asal Cirebon dan Surakarta Luncurkan Mini Album “Aksi Mingguan”

Cirebon,- Yuan Alfasa atau lebih akrab dikenal dengan nama panggungnya Biggy, merupakan rapper Cirebon yang cukup dikenal di kalangan...

Cegah Kebakaran, Grage City Mall Adakan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran

Cirebon,- Grage City Mall bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon menggelar Pelatihan & Simulasi Pemadam Kebakaran yang berlangsung di halaman parkir Grage...

Penampilan Penari Topeng Cirebon Awali Acara Grand Opening News

Seorang anak perempuan dengan rancak dan gerak dinamis menampilkan Tari Topeng Klana sebagai tari daerah khas Cirebon pada acara Grand Opening Kantor dan workshop...

CSB Fashion Week Jadi Indikator Life Style di Kota Cirebon

Cirebon,- CSB Fashion Week kembali digelar, mulai tanggal 11 - 16 November 2019 di Atrium Utama CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon. Opening...

Satlantas Polres Cirebon Kota Salurkan Air Bersih Sebanyak 18.000 Liter di Argasunya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota kembali melakukan bakti sosial pemberian bantuan air bersih di wilayah Kedung Jumbleng, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota...

More Articles Like This