Pemerintah Kabupaten Cirebon dan ASPPI Wilayah III Jawa Barat Siap Gelar Katon Tourism Expo 2019

Cirebon,- Untuk memenuhi permintaan para peserta bertemu langsung dengan dinas pariwisata, seller atau pengusaha, dan agen perjalanan wisata yang menjadi mesin penggerak dunia bisnis pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat akan menyelenggarakan event akbar “Katon Tourism Expo 2019” yang akan berlangsung pada 12-15 September 2019.

1. Sosialisasikan Potensi Cirebon

Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rojak mengatakan event Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi pariwisata, bisnis meeting, fam trip, dan juga hiburan.

“Event ini didalamnya memuat potensi penting dalam memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya saat Press Conference di Empal Gentong Mang Darma, Jalan Diponogoro Kota Cirebon, Kamis (1/8/2019).

BACA YUK:  Bupati Cirebon Buka Acara Grebeg Cirebon Katon 2024

Lanjut Rojak, dengan event ini ASPPI ingin berusaha dan berupaya untuk menyosialisasikan potensi-potensi wisata di Cirebon, agar bisa dikenal diluar.

“Sesuai dengan tagline dari Kabupaten Cirebon yaitu Katon (Terlihat), diharapkan potensi wisata yang ada di Cirebon bisa terlihat dan dikenal luas oleh masyarakat,” ungkapnya.

2. Hadirkan 100 Buyer

Sementara itu, Ketua Panitia Katon Tourism Expo 2019, Ismayasari menjelaskan pada event Katon Tourism Expo 2019 akan menonjolkan potensi seni, budaya, pariwisata, kuliner, dan produk UMKM.

“Karena, yang menjadi sasaran para seller yang hadir berkaitan dengan produk-produk tersebut,” jelasnya.

BACA YUK:  Sultan Kacirebonan dan Presiden IKBC Hadiri Peringatan Hari Nasional Kuwait ke-63

Rencananya, tambah Iis sapaan akrab Ismayati, pada event terbesar tersebut akan mengundang 100 buyer, seperti agen travel se-Indonesia untuk memberikan sesuatu yang bisa dijual.

“Tujuannya untuk memberikan promosi dan investasi, membuka peluang bagi para investor juga,” bebernya.

“Dan, alasan terakhir diselenggarakannya event ini adalah untuk sebaran ekonomi dalam bidang pariwisata dan UMKM, agar setiap daerah khususnya di Cirebon menjadi sebuah area bisnis yang ramai,” tambah Iis.

3. Agenda Acara

Pada pelaksanaanya, Iis menjelaskan, jadwal hari pertama dimeriahkan dengan pameran produk, yang rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan agenda seminar bisnis.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Berkomitmen Siap Kerja Sama dengan Pemilik Media Online di Cirebon

Hari Kedua, lanjut Iis, masih dengan pameran produk pariwisata dan disi dengan lomba-lomba, seperti lomba mewarnai dan lomba menggambar.

Hari Ketiga agendanya adalah Fam Trip, ajang promosi dan pengenalan destinasi wisata Batu Lawang. Untuk budaya pihaknya akan melihat nadran, kemudian ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, dan melihat ogoh-ogoh.

“Ini baru pertama kalinya kegiatan nadran diangkat dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Setelah itu, lanjut Iis, peserta akan dikenalkan destinasi wisata kuliner, wisata religi ke Masjid Raya At-Taqwa, dan terakhir menjamu peserta dengan gala dinner. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *