Jumat, 6 Desember 2019

Katon Tourism Expo 2019 Akan Dihadiri Buyer dari Dalam dan Luar Negeri

Populer

Tengkorak Manusia Ratusan Tahun Ditemukan di Indramayu

Indramayu - Sesosok tengkorak kepala manusia ditemukan tak jauh dari area makam Raden Wirapati (Wiralodra II) atau Bupati Kedua...

Percepat Pengembangan Dunia Digital, Cirebon Technopreneurship Hadir di Unwir Indramayu

Indramayu,- Cirebon Technopreneurship Goes to Campus se-Wilayah III Cirebon kembali digelar. Kali ini, giliran Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu menjadi...

Biznet Hadirkan Layanan NEO Web Space

Jakarta, Indonesia, 27 November 2019 – Sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, Biznet...

Optimalkan Aset, PT KAI Gelar Focus Group Discussion di Cirebon

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar acara Focus Group Discussion dengan mengusung tema “Public Expose Optimalisasi Aset PT...

Warga Harjamukti Kota Cirebon Bawa Pulang Mobil di HUT Grage Mall ke-23

Cirebon,- Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-23 Grage Mall Cirebon, Grage Group menggelar berbagai rangkaian acara. Kegiatan diawali dengan kegiatan...

Cirebon,- Menjelang event “Katon  Tourism Expo 2019” yang akan berlangsung pada tanggal 12 sampai 15 September 2019, persiapan sudah hampir rampung sekitar 80 sampai 90 persen.

1. Buyer Dari Luar Negri

Ketua Panitia Katon Tourism Expo 2019, Ismayasari mengatakan saat ini panitia sedang mematangkan event di hari H, rangkaian-rangkain acara di pastikan dengan para sponsor.

“Untuk perubahan acara sendiri tidak berarti, karena perubahan itu seperti hal-hal yang menyangkut pihak ketiga seperti hotel,” ujarnya saat ditemui di Mantera Rattan Cirebon, Blok Sitelan, Desa Kertasari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Sabtu (31/8/2019).

Loading...

Lanjut Ismaya, pada event Katon Tourism Expo 2019 sambutannya sangat luar biasa dan diluar dugaan sebelumnya, karena ada buyer yang berpartisipasi dari luar negeri.

“Ada buyer yang dari Turki, Malaysia, Singapore, dan Thailand,” ungkpanya.

Ismaya memastikan, peserta Katon Turism Expo 2019 yang berasal dari luar negeri tersebut dipastikan hadir, karena mereka sudah konfirmasi akan hadir.

2. Tertarik Dengan Wisata Budaya dan Religi

Kehadiran buyer dari luar negri, menurut Ismaya, ternyata tanggapan dari mereka sangat tertarik dengan Indonesia, karena ada wisata budaya dan religi.

“Mereka sangat tertarik dengan ada kunjungan Nadran, sama kunjungan ziara ke Makan Sunan Gunung Jati,” bebernya.

Di Cirebon, kata Ismaya, setelah kita telisik mecari potensi wisata sampai ke desa-desa, ternyata di Cirebon banyak sekali potensi yang harus diangkat.

“Seperti contohnya Mantera Rattan. Ini merupakan salah satu destinasi wisata belanja akan kita angkat dalam event Katon Tourism Expo 2019,” terangnya.

Di Mantera Rattan, tambah Ismaya, ada sesuatu yang sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti wisata belanja rotan yang tidak kalah dengan galeri belanja yang ada di luar negri maupun ibu kota.

“Ternyata di Cirebon sangat luar biasa, bahkan disini kita temukan sesuatu yang unik seperti wisata edukasi belajar menganyam rotan,” jelasnya.

“Wisata edukasi menganyam rotan ini kemungkinannya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Cirebon,” imbuhnya.

3. Wisata Belanja dan Edukasi

Sementara itu, Doni Fahrin, selaku General Manager Mantera Rattan Cirebon mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI).

“Sehingga dengan kegiatan ini, Cirebon lebih tereksplore. Dan saya berharap Cirebon itu nantinya ada yang bisa membuat kangen,” ungkapnya.

“Jadi orang yang datang ke Cirebon rasanya seperti datang ke Yogyakarta, walaupun tidak ngapa-ngapain kangen gitu loh,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya event Katon Tourism Expo 2019 ini, referensi wisata di Cirebon tidak monoton, dan akhirnya lebih tereksplore lagi, lebih banyak lagi dan kalau orang datang ke Cirebon tidak jenuh.

“Jadi dari wisata alam sampai edukasi, nanti tersedia. Nah kalau di Mantera sendiri konsepnya adalah menjadi bagian dari destinasi wisata yang ada di Cirebon, khususnya wisata belanja rotan,” terangnya.

“Lalu, kita juga tidak hanya belanja saja, karena tidak semuanya ingin berbelanja. Tapi, kita menyuguhkan tempat yang ada edukasinya, sehingga orang yang datang mendapatkan pengalaman,” imbuhnya.

Bukan hanya pengalaman belanja dan mencari barang-barang unik dan berbeda, tetapi kata Doni, yang datang bisa menambah referansi keterampilan untuk anak-anak sekolah maupun instansi.

“Di industri rotan sendiri sebetulnya yang menjadi PR adalah regenerasi sangat minim sekali. Mudah-mudahan dengan adanya wisata edukasi ini nantinya ada bibit baru untuk mengembangkan industri rotan,” pungkasnya.

4. KTE Menjadi Fairnya Cirebon

Selain itu, Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rojak menambahkan dukungan dari pemerintah daerah dengan adanya kegiatan Katon Tourism Expo (KTE) 2019 ini sudah ada.

“Tetapi untuk kedepan, dukungan pemerintah akan lebih besar lagi. saya berharap KTE ini jangan berhenti sampai disini, bisa berkelanjutan terus,” ujarnya

“Umpamanya Jakarta punya Jakarta Fair, Palembang punya Sriwijaya Fair, mengapa kita ngga bisa bikin Katon Tourism Expo ini menjadi Fairnya Cirebon. Itu harapan kita kedepannya,” tambah Rojak.

Selesainya acara KTE 2019, kata Rojak, bisa berdampak multi efek yang sangat luar biasa. Sehingga, yang tadinya tidak mengenal Cirebon, Cirebon bisa betul-betul Katon. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Program Ojol Royalti Card, Bentuk Apresiasi Kopi Manao Untuk Driver Ojek Online

Cirebon,- Sebagai bentuk apresiasi kepada para driver ojek online (Ojol), Kopi Manao yang berlokasi di Jalan Tuparev No. 64,...

900 Lulusan UGJ Diwisuda Sarjana dan Magister Angkatan ke-56

Cirebon,- Sebanyak 900 lulusan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon dari semua jurusan yang ada di UGJ diwisuda, Kamis (5/12/2019). Sidang Terbuka Senat UGJ dengan...

PT KAI Daop 3 Cirebon Siagakan K-9 di Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Cirebon,- Memfasilitasi masyarakat yang ingin berpergian menggunakan transportasi kereta api pada liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru), PT Kereta Api Indoenesia (Persero)...

Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT KAI Menambah Perjalanan KA

Cirebon,- Menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan sebanyak 137 perjalanan KA dengan rincian 111 KA reguler...

Bulog Cirebon Pastikan Selalu Menjaga Mutu Beras

Cirebon - Perum Bulog Cabang Cirebon Jawa Barat memastikan tidak ada beras yang dibuang setelah isu adanya rencana Bulog akan membuang sebanyak 20 ribu...

More Articles Like This