Tiga Kesultanan Cirebon Dukung Pecinan Warna-Warni Pasar Kanoman

0
98

Cirebon,- Pecinan Warna-Warni di Pasar Kanoman Cirebon yang digagas oleh PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific atau Pacific Paint diapresiasi oleh tiga Kesultanan Cirebon yaitu, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

Perusahaan cat yang berdiri sejak tahun 1943 ini melakukan pengecatan kepada ratusan ruko yang berada di Pasar Kanoman, serta mengganti tenda-tenda pedagang kaki lima dengan tenda berwarna-warni.

Perwakilan Keraton Kanoman Cirebon, Pangeran Raja Mochammad Patih Qadiran mengatakan sangat mendukung dan berterima kasih kepada Pacific Paint yang sudah menyempatkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan memfasilitasi untuk mau peduli terhadap keberlangsungan hidup sosial, ekonomi, dan kebudayaan yang ada di Cirebon.

Aston Hotel

“Semoga niat baik dari Pacific Paint dapat diterima baik oleh masyarakat Cirebon,” ujarnya, Kamis (3/5/2018).

Ia berharap dengan adanya Pecinan Warna-Warni ini mampu mengubah sikap dan kesadaran pemerintah kota agar segera mungkin dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) khusus menjadi payung hukum bagi kelestarian budaya.

Selain itu, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat menambahkan mengenai usia Cirebon yang sudah 600 tahun tetap memiliki warna, adat, tradisi, budaya, etnis, suku, agama yang sangat beragam.

Bahkan, 600 tahun yang lalu Laksamana Cheng Ho juga pernah datang ke Cirebon dan Cirebon juga sudah menjadi jalur perdagangan sutra dunia dari Tiongkok, India, Persia, Malaka, Pasai dan lain sebagainya yang datang ke Cirebon.

Berbagai agama sudah tumbuh berkembang di Cirebon ini dan pedagang niaga yang sudah mengglobal ke seluruh dunia. Bahkan pada abad ke-19, Cirebon sebagai pengekspor gula terbesar di dunia dengan 10 pabrik gulanya.

“Alhamdulillah, hari ini kita aktualisasikan kembali dan angkat kembali warna-warni Cirebon yang dipusatkan di Kanoman dengan Pecinan Warna-Warni,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan aktualisasi Pecinan Warna-Warni ini, kita kembali membuka gemilangnya sejarah kita,” harapnya.

Bagaimana dulu, kata Sultan Sepuh, kita sudah mengglobal mengadakan perdagangan dunia ke mancanegara dan kita bekerja sama dengan semua etnis, suku bangsa, dan semua budaya.

“Kita pertahankan Pecinan ini sebagai heritage, dan ini merupakan potensi dan sejarah budaya Cirebon,” katanya.

Menurut Sultan, Pecinan Warna-Warni ini inisiatif dari kita, oleh kita, dan untuk kita semuanya. Dari masyarakat dengan keraton, pengusaha, pedagang dan juga pemerintah bahu membahu mewujudkan Pecinan Warna-Warni ini yang didukung oleh Pacific Paint.

“Saya haturkan terima kasih kepada Pacific Paint dan mudah-mudahan inisiatif ini juga bisa terus berkelanjutan,” tutupnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter