Imigrasi Cirebon, Lakukan Operasi Gabungan di Wilayah Laut Cirebon

0
70

Cirebon,- Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon melakukan operasi gabungan Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) di wilayah Laut Cirebon, Kamis (3/5/2018).

Menggunakan Kapal Patkamla Gebang TNI AL (Lanal Cirebon), operasi gabungan Tim Pora Kanim Cirebon bekerja sama dengan TNI AL, Bea Cukai Cirebon, PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan), Ditpolairut Polda Jabar, UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Cirebon, dan Basarnas.

Aston Hotel

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, Muhammad Tito mengatakan operasi gabungan ini bertujuan untuk operasi pengawasan terhadap kegiatan orang asing di wilayah Laut Cirebon dan sekitarnya.

“Ini merupakan wujud pengamanan dari Peratruan Presiden (PerPres) No. 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing,” ujarnya.

Lanjut dia, selain bertujuan pengawasan orang asing, operasi gabungan ini juga melakukan pemeriksaan sesuai tugas wewenang setiap instansi dalam Tim Pengawasan Orang Asing Laut.

Istana Kerang

Kata dia, dalam operasi telah memeriksa 4 kapal dan 1 Obsor Pertamina. Namun, tidak ditemukan aktivitas orang asing dalam kapal tersebut.

“Ke depan, operasi gabungan akan dilaksanakan secara rutin dengan menyesuaikan anggaran Kantor Imigrasi Cirebon baik di wilayah darat ataupun laut,” pungkasnya. (AC212)