Senin, 24 Januari 2022

SMA Negeri 6 Cirebon, Kini Miliki Masjid yang Bisa Menampung 500 Siswa

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.S.I. meresmikan Masjid Nur At-Taubah, SMA Negeri 6 Kota Cirebon, Jalan Dr. Wahidin, Kota Cirebon, Selasa (15/5/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat merasa bersyukur dan berbahagia, SMA Negeri 6 Kota Cirebon mampu membangun masjid dari dana swadaya.

“Jarang-jarang sekolah dalam waktu yang singkat mampu memberdayakan siswa, guru dan masyarakat, bahu membahu sehingga bisa membangun masjid yang megah,” ujarnya usai meresmikan.

Loading...

Masjid yang dibangun dengan nilai yang cukup besar hingga Rp 2,1 Milyar, kata dia, hanya dalam kurun waktu 1 tahun 9 bulan sudah berdiri masjid di lingkungan sekolah.

“Tentu kami merasa bersyukur dan berterima kasih atas terbangunnya Masjid At-Taubah di SMA Negeri 6 Kota Cirebon,” ungkapnya.

BACA YUK:  Mengenali dan Memahami Al-Qur'an dalam Kehidupan Kita

Saat disinggung mengenai pembangunan masjid atas inisiatif pihak sekolah, Kadisdik Provinsi Jabar menuturkan, kami untuk sementara ini prioritas pertama untuk operasional sekolah, kedua kebutuhan dasar sekolah, seperti ruang kelas dan laboratorium. Tetapi untuk tempat ibadah, menurutnya belum semua sekolah kami dukung, karena terhalang dengan anggaran.

“Maka dengan demikian, kami membuka partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan,” bebernya.

“Tempat ibadah ini adalah bagian dari program pemerintah dalam rangka penguatan pendidikan karakter, sehingga anak-anak beriman dan bertakwa, serta memiliki akhlak yang mulia,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 6 Kota Cirebon, Dra. Hj. Ety Nur Rochaenu, M.Pd.I mengatakan Alhamdulillah yang didamba-dambakan, di mana SMA Negeri 6 Kota Cirebon menginginkan masjid yang sangat representatif.

Ia menjelaskan yang melatar belakangi pembangunan masjid ini dikarenakan dahulu siswa siswi yang ingin salat berjamaah kurang memadai. Sehingga, ada ruangan yang harus dibongkar, lalu mencoba membuat masjid yang memadai.

BACA YUK:  PTM 100 Persen di Kota Cirebon, Sekda: Kita Akan Pelajari SKB 4 Menteri

“Kami mencoba semaksimal mungkin untuk melaksanakan amanah, di mana suatu sekolah diwajibkan mempunyai masjid yang representatif,” jelasnya.

Dengan dukungan semua tim, lanjut dia, seperti guru-guru, siswa-siswi, lalu orang tua murid, serta para alumni yang sangat mendukung, pada hari ini (15/5) bisa terlaksana peresmian Masjid At-Taubah SMA Negeri 6.

Ia berharap dengan adanya masjid ini, siswa-siswi dapat menjadi anak yang saleh, bermartabat, berkarakter, dan selalu hormat dan santun kepada orang tuanya. Di mana, masjid itu bisa mengubah sikap siswa-siswi menjadi orang-orang terpilih yang didambakan oleh orang tuanya.

“Paling utama adalah akhlaknya yang sangat mulia,” tegasnya.

Pihaknya, sejak awal ingin masjid At-Taubah segera selesai pembangunannya, dikarenakan sangat mendesak untuk SMA Negeri 6 Kota Cirebon pada menjelang bulan puasa.

“Insyaallah, saat bulan Ramadan akan mengadakan pesantren kilat dengan leluasa, buka puasa bersama, dan bila perlu tarawih bersama, karena masjid ini bisa menampung kurang lebih 500 siswa,” tambahnya.

Terpopuler

BACA YUK:  Bersatu dan Bangkit Bersama, Grage Group Gelar Doa Bersama Lintas Agama

“Mudah-mudahan dengan niat kami yang sangat baik, beserta panitia masjid bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This