Ratusan Masyarakat Peringati Proklamasi 15 Agustus 1945 di Tugu Siliwangi

Cirebon,- Ratusan element masyarakat yang tergabung dari berbagai organisasi kemasyarakat memperingati hari Proklamasi 15 Agustus 1945 di Tugu Siliwangi, Rabu (15/8/2018) malam.

Di Tugu Siliwangi, tepatnya di lampu merah Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini, Kota Cirebon, menjadi saksi bisu pertama kalinya Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh dr. Sudarsno pada tanggal 15 Agustus 1945.

Saat itu, dr. Sudarsono mendapatkan telegram dari Sutan Sjahrir untuk membacakan Proklamasi Kemerdekaan, karena mendengar bahwa Jepang kalah pada perang dunia 2.

Peringatan Proklamasi 15 Agustus 1945 di Tugu Siliwangi Kota Cirebon merupakan kali kedua. Turut hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdulah Sukur pada peringatan tersebut.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru di Chefi's Resto Cirebon

Abdulah Sukur mengatakan kita sebagai warga Kota Cirebon harus berbangga, bahwa pada tanggal 15 Agustus di Cirebon pertama kali memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah tersebut sudah tercatat di gedung arsip nasional, disana disebutkan bahwa memang di Cirebon pernah terjadi proklamasi pada tanggal 15 Agustus 1945,” ujarnya.

Sebagai generasi penerus, lanjut dia, kita harus mengapersiasi dan berbangga, kita sebagai warga Kota Cirebon pernah melakukan proklamasi sebelum tanggal 17 Agustus 1945.

“Sekarang, kita harus bersama-sama untuk mengisi kemerdekaan Indonesia,” bebernya.

BACA YUK:  Nyemil Ciki Sudah Bosen? Yuk Jajan Telor Gulung

Menurut Sukur, isi proklamasi pada tanggal 15 Agustus 1945 masih menjadi misteri, oleh karena itu kita harus bersama-sama mencari.

“Menurut informasi, isi proklamasi ada 300 kata, tetapi kata-katanya apa, itu yang masih dicari,” terangnya.

Pihaknya, akan melaporkan kepada pimpinan dalam hal ini Wali Kota Cirebon agar dilakukan penelusuran terhadap teks proklamasi 15 Agustus 1945.

“Kedepan, peringatan Proklamasi Kemerdekaan 15 Agustus 1945 akan dilakukan setiap tahun,” tutupnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *