Kamis, 2 Desember 2021

Peringati 100 Tahun Gedung Eks De Jabasche Bank, BI Cirebon Resmikan Perpustakaan dan Pojok Baca Anak

Populer

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Cirebon,- Peringati 100 tahun usia gedung Eks De Javasche Bank yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 5-7 Kota Cirebon, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon meresmikan fasilitas perpustakan dan pojok baca anak, Selasa (24/9/2019).

Bangunan cagar budaya yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Wali Kota Cirebon No. 19 tahun 2001 tersebut kini dibuka untuk umum sebagai perpustakan dan pojok baca anak.

1. Filosofi Pendirian Perpustakaan

Loading...

Sudono, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon mengatakan sebagai bank sentral Republik Indonesia, Bank Indonesia telah mengembangkan perpustakan sejak bertahun-tahun lalu.

Lanjut Sudono, filosofi pendirian perpustakan Bank Indonesia adalah untuk mendukung bisnis proses, khususnya dalam penyusunan literatur atau riset yang dilakukan oleh Urusan Riset Ekonomi dan Statistik (URES) atau yang sekarang disebut sebagai Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter (DKEM) Kantor Pusat Bank Indonesia.

BACA YUK:  Uji Kompetisi Wartawan Untuk Mengukur Kemampuan Profesi

Pojok baca anak.

“Pada awalnya, perpustakaan ini hanya berbentuk pojok ruang baca di tahun 1990an hingga kemudian mulai dibangun di seluruh Kantor Bank Indonesia bertahap sejak tahun 2003 yang diperkuat dengan ketentuan internal tahun 2016,” ujar Sudono.

2. Menunjang Fungsi dan Tugas BI

Dewasa ini, Indonesia disebut-sebut tengah mengalami krisis literasi. Berbagai lembaga survei menyatakan fakta tentang rendahnya budaya literasi di Indonesia.

Menurut Sudono, Programme for International Student Assessment (PISA) menyebutkan bahwa pada tahun 2012 budaya literasi di Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara yang disurvei.

“Sementara itu, data UNESCO menyebutkan bahwa posisi membaca orang Indonesia hanya sebesar 0.001 persen, yang artinya dari 1.000 orang hanya ada 1 orang yang memiliki minat baca,” terangnya.

Menyikapi hal tersebut, kata Sudono, Bank Indonesia merasa perlu mengambil peran dalam upaya peningkatan minat baca dan literasi masyarakat melalui penyediaan fasilitas perpustakaan dengan koleksi buku yang terkini dan secara positif mampu membuka wawasan masyarakat luas.

BACA YUK:  Percepat Capaian Vaksin, Kapolresta Cirebon Tinjau Vaksinasi Massal di Puskesmas Nanggela

“Perpustakaan Bank Indonesia di masa kini dibentuk dalam rangka menunjang pelaksanaan fungsi dan tugas Bank Indonesia dengan kekhususan subyek dan disiplin ilmu di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, dan bidang lain yang mendukung tugas Bank Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, perpustakaan BI juga diharapkan dapat mendukung penelitian baik oleh pihak internal maupun eksternal Bank Indonesia, menggiatkan minat baca di lingkungan Bank Indonesia dan memenuhi kebutuhan pemustaka di wilayah kerja Kantor Bank Indonesia.

“Adapun dalam pelaksanaannya, kebijakan Perpustakaan BI terintegrasi dan sinergis dengan kebijakan Bank Indonesia,” kata Sudono.

3. Siap Bekerja Sama Menghidupkan Perpustakaan

Dalam acara launching pembukaan akses lobi gedung lama eks De Javasche Bank yang terhubung langsung dengan Perpustakaan dan Pojok Baca Anak di hadiri Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Sutisna, M.Si dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd.

Selain itu juga hadir dalam kegiatan dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon, perwakilan 16 perpustakaan penerima pojok baca BI (BI Corner) se-Ciayumajakuning dan komunitas literasi serta mahasiswa dan akademisi.

Baca Yuk: BI Cirebon Kembali Resmikan BI Corner di UMC

Meramaikan pojok baca anak, siswa-siswi TK Al-Ghiffary Cirebon juga berpartisipasi dan membaca dengan antusias setelah sebelumnya mendengarkan dongeng dengan tema gemar membaca.

BACA YUK:  Jalani Hidup Terbaikmu bersama Kesegaran Alami Greenfields

Dan masih dalam rangkaian acara yang sama, General Manager Radar Cirebon, Syahbana berkesempatan membuka forum diskusi bagi para mahasiswa dan anggota komunitas literasi yang hadir dengan tema Menulis Bagi Milenial.

Kedepannya, menurut Sudono, bahwa Perpustakaan Bank Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat bekejasama dengan BI menghidupkan perpustakaan KPw BI Cirebon melalui kegiatan kunjungan, literasi, hingga pilihan rekreasi edukatif untuk pengunjung dari segala umur. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kunjungi Kabupaten Cirebon, Wakil Menteri Pertanian Ajak Petani Gunakan Mesin Pertanian Modern

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron mendampingi Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerja ke area persawahan...

Berbagai Komoditas Naik, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,42 Persen

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, pada November 2021 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,42 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar...

Waspada Penipuan, Beredar Donasi Tempat Ibadah Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Cirebon

Cirebon,- Belakangan ini beredar terkait pembagian donasi tempat ibadah yang mengatasnamakan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati melalui pesan singkat WhatsApp. Oknum tersebut menghubungi...

Setiap PNS Baru di Kota Cirebon Wajib Menanam Satu Pohon

Cirebon,- Sebanyak 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan pengambilan sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon....

More Articles Like This