Bank Indonesia Cirebon Siapkan Rp 3,9 Triliun Untuk Penukaran Uang Rupiah Selama Momen Idulfitri 2024

Cirebon,- Untuk memenuhi ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp3,9 triliun.

Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen ramadan dan Idul Fitri 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono mengatakan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) Kantor Perwakilan Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,9 triliun untuk layanan penukaran uang rupiah pada Ramadan dan Idulfitri 2024.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon dan Tim Asistensi Fokus Bahas Perubahan Ruang TPU Sunyaragi

“Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Idulfitri ini, Bank Indonesia Cirebon menyediakan Rp3,9 triliun. Jumlah tersebut sudah kita sebar kepada seluruh perbankan di wilayah kerja Bank Indonesia Cirebon,” ujar Anton usai Kick Off program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 di Kantor Bank Indonesia Cirebon, Rabu (20/3/2024).

Secara umum, kata Anton, uang untuk penukaran uang rupiah pada momen Idulfitri tahun 2024 mengalami peningkatan sebesar 20 persen dari tahun lalu. Pihaknya berharap jumlah tersebut bisa melayani masyarakat di wilayah Ciayumajakuning.

BACA YUK:  Disperindan Jabar : Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

“Dari jumlah Rp. 3,9 triliun, uang pecahan besar (UPB) menyediakan sebesar Rp3,3 triliun dan uang pecahan kecil sebesar Rp0,6 triliun. Kami juga bekerjasama dengan 30 perbankan yang tersebar di 136 titik,” katanya.

Peningkatan jumlah proyeksi penukaran uang rupiah ini, menurut Anton, seperti kita tahu Cirebon ini kota yang sangat strategis yang menjadi hub, baik itu arus mudik maupun arus balik. Selain itu, budaya kita di wilayah Ciayumajakuning ini sangat mendukung.

“Sehingga kami mengantisipasi hal itu dan kami yakin konsumsi masyarakat, kemudian untuk kebutuhan masyarakat selama hari libur Idulfitri akan meningkat. Mudah-mudahan apa yang kami siapkan bersama perbankan itu bisa mencukupi apa yang diharapkan oleh masyarakat,” katanya.

BACA YUK:  Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Resmi Dikukuhkan

Untuk mendapatkan layanan penukaran uang selama periode ramadan, kata Anton, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui https://pintar.bi.go.id. Untuk memberikan pemerataan kepada masyarakat layanan penukaran uang yang disediakan maksimal Rp4.000.000,-.

“Masyarakat dapat memiliki pecahan yang diinginkan dengan nilai per pecahan sebagaimana yang telah ditentukan. Kami menyediakan pecahan Rp50.000,-, Rp20.000,-, Rp10.000,-, Rp5.000,-, Rp2.000,-, dan Rp 1.000,-,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *