Pembinaan Olahraga Tingkat Pelajar di Kota Cirebon untuk Lahirkan Atlet Tangguh

Cirebon,- Pembinaan olahraga tingkat pelajar di Kota Cirebon mesti berkelanjutan, seperti melalui berbagai ajang pertandingan. Salah satunya Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkota) Cirebon yang tujuannya untuk melahirkan atlet tangguh.

“Melalui event kejuaraan atau pertandingan yang bervariatif akan menjadi ajang pencarian dan pembinaan bibit atlet kita,” ujar Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Sabtu (10/9/2022).

Eti berharap, upaya melahirkan atlet tangguh ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Melalui momen Haornas juga, diharapkan seluruh masyarakat Kota Cirebon selalu sehat dan prestasi olahraga semakin maju.

“Saya berharap, Kota Cirebon bisa melahirkan atlet hebat dan tangguh serta dunia olahraganya semakin maju,” ujarnya.

BACA YUK:  Cerita Rizdjar Nurviat Subagja Dilatih Bima Sakti, Tegas dan Disiplin

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Agus Mulyadi, M.Si., mengatakan, Haornas ini menjadi momen istimewa karena diselenggarakan meriah. Terlebih selama dua tahun tak digelar besar-besaran akibat pandemi COVID-19.

“Kita punya tiga urusan terkait olahraga, pertama adalah olahraga prestasi yang pembinaannya dilakukan oleh KONI Kota Cirebon. Semoga atlet yang sudah terbentuk bisa meraih prestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Barat nanti,” ujarnya.

Urusan olahraga yang kedua, kata Agus, adalah olahraga pendidikan seperti yang saat ini sudah dilakukan yaitu Popkota Cirebon. Atlet olahraga pendidikan ini jangan sampai pembinaannya terhenti. Ini tugas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon.

BACA YUK:  Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kota Cirebon, Driver Ojek Online Sampaikan 11 Tuntutan

“Saya harap Dispora tidak berhenti pembinaannya, bisa melalui event yang dapat mengasah kemampuan para atlet pelajar ini supaya bisa terus berprestasi. Bila perlu Popkota jangan sekali dalam setahun,” tuturnya.

Kemudian yang ketiga adalah olahraga rekreasi, Agus mengakui, bahwa olahraga berbasis masyarakat ini masih di bawah pembinaan KONI Kota Cirebon. Pembinaan tetap harus ada dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Cirebon, Drs. Sutikno, AP., menjelaskan, setelah Popkota Cirebon ini rampung maka akan dilanjutkan dengan pembinaan kepada para atlet. Berdasarkan data, ada 7.350 atlet dan yang terjaring sudah berprestasi sebanyak 2.254 atlet.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Tengah Menyusun Perda Tentang Keolahragaan sebagai Regulasi

“Tahun ini ada tambahan cabang olahraga (cabor), yang sebelumnya tidak sampai 20 cabor tetapi tahun ini ada 22 cabor. Tahun depan pun kami akan tingkatkan kembali. Terutama untuk olahraga prestasi,” ungkap Sutikno.

Ia mengatakan, bahwa Popkota ini menjadi basis untuk menyiapkan atlet pada ajang Porprov 2023 mendatang di Bandung.

“Kita lakukan pemetaan atlet. Semoga para atlet bisa berkontribusi untuk daerah,” katanya. (HSY)

(Dilihat: 63 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.