Harga Merakyat, Warung Titik Kumpul Cirebon Sediakan Masakan Khas Indonesia

Cirebon,- Kuliner khas Indonesia sangat beragam. Agar masakan khas tradisional Indonesia tidak punah, Warung Titik Kumpul (WTK) yang berlokasi di Jalan Aria Jipang atau tepatnya di Lapangan Parkir Paper & Sip, Kota Cirebon ini menyuguhkan beragam masakan tradisonal.

Mulai dari Nasi Bali, Telor Pindang, bubur khas Manado, hingga menyediakan Nasi Oreg Ampas Kecap yang terkadang jarang ditemui. Selain itu ada juga menu nasi bakar ayam, nasi bakar teri, nasi bakar jamur, nasi bakar jamur dan nasi bakar cumi.

“Konsep dari WTK, saya mau melestarikan kearifan lokal, karena sebenarnya makanan Indonesia itu enak-enak. Apalagi banyak mengandung rempah yang bermanfaat untuk kesehatan,” ujar Chatarina Gina Rimba, pemilik Warung Titik Kumpul kepada About Cirebon, Rabu (6/7/2022).

BACA YUK:  Ketua DPD APTRI Jabar: Dari 8 Pabrik Gula di Jabar, Hanya 2 Pabrik yang Beroperasi

Selain melestarikan kearifan lokal, lanjut Gina, kehadiran Warung Titik Kumpul ini untuk menghadirkan makanan yang murah, bersih dan enak untuk warga Cirebon. Apalagi menu-menu yang ditawarkan di WTK merupakan makanan tradisional.

“Di sini ada Nasi Bali, isinya sudah komplit ada ayam suwir, mie, sambal matah, oreg tempe, buncis, kacang goreng dan serundeng. Sudah komplit dalam satu paket dengan harga terjangkau hanya Rp. 13.500,-,” ungkap Gina.

Menu makanan tradisional lainnya, kata Gina, ada menu nasi oreg ampas kecap. Menu ini, menurutnya, sudah jarang ditemui di Cirebon. Apalagi anak muda jaman sekarang banyak yang tidak tahu.

“Jadi oregnya terbuat dari tempe yang dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional dan ampas kecap yang sekarang mulai jarang ditemui di Cirebon,” katanya.

BACA YUK:  Vaksinasi Booster Upaya Pemda Kota Cirebon Tingkatkan Imunitas Tubuh

Selain menu makanan khas tradisonal, WTK memiliki berbagai menu cemilan sehat seperti bubur kacang ijo spesial. Menu ini terbuat dari kacang ijo yang dipadukan dengan kolang-kaling, kelapa muda dan juga barli.

“Untuk menu bubu kacang ijo ini, tidak menggunakan santan dan susu. Bahan barli di dalam bubur kacang ijo ini banyak sekali manfaatnya sepeti untuk antioksidan.

Cemilan lainnya, Warung Titik Kumpul menyediakan Healthy Cuwing, ketan pulen, ketan kinca original, dan ketan kinca durian. Ada juga menu terbaru yaitu sambal goreng otot khas Cirebon dan pepes intip tahu.

“Kami juga menyediakan menu of the day, menu ini tidak selalu ada setiap hari seperti kerupuk sambal dage, gapit sambal dage, bubur Manado, dan sayur asem. Menu ini menjadi menu of the day, karena kita tidak selalu mendapat bahan untuk makanan tersebut,” katanya.

BACA YUK:  20 Tenan Ramaikan Gebrag Culinary Merdeka di Grage City Mall

Seperti sambel dage yang digunakan, menurut Gina, tidak selalu mendapatkan dage bagus setiap harinya. Untuk bubur Manado sendiri karena bahan yang digunakan ada daun gedi yang tidak selalu ada di pasar.

“Jadi kalau pas ada bahannya di pasar, kita buat, tapi kalu tidak ada bahan yang bagus kita tidak buat. Soal harga, kami sangat terjangkau mulai dari Rp. 5 ribu sampai Rp. 13.500,- saja” jelasnya.

Setiap Selasa sampai Minggu, Warung Titik Kumpul buka dari pukul 11.00 sampai 21.00 WIB. Yang ingi menikmati kuliner khas Nusantara wajib mencoba menu-menu yang tersedia di WTK. (HSY)

(Dilihat: 770 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.