Antisipasi Lonjakan Trafik Komunikasi Saat Ramadan, Telkomsel Bangun 10 Ribu BTS LTE

0
31

Jakarta,- Untuk memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

1. Telkomsel Bangun 10 Ribu BTS

Aston Hotel

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

“Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini didukung lebih dari 197.000 BTS di seluruh Indonesia,” ujar Ririek dalam siaran pers yang diterima About Cirebon, Jumat (10/5/2019).

“Termasuk, sekitar 70.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data,” tambah Ririek.

Terlebih lagi, lanjut Ririek, dengan penataan ulang pita frekuensi (refarming) 800 dan 900 Mhz yang menjadikan pita frekuensi radio yang berdampingan (contiguous), sehingga Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel dalam meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan.

2. Operasikan 70 Mobile BTS

Di samping itu, Telkomsel juga mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps.

Selain itu juga, Telkomsel menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

“Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel,” ungkap Ririek.

Menurut Ririek, 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

“Sehingga, untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatra, tol Trans Jawa dan kereta api Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100 persen,” tegasnya.

3. Posko Layanan Mudik

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.

Telkomsel juga menggelar posko layanan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga. (AC212)