Rabu, 2 Desember 2020

Tugu Siliwangi Kota Cirebon ini Memiliki Sejarah Penting Indonesia

Populer

MD 7 Hotel Hadir di Cirebon, Tawarkan Promo Menarik Hanya Rp. 187 ribu/Malam

Cirebon,- MD 7 Hotel merupakan hotel budget yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Hotel dengan 8 lantai ini...

Ratusan Guru dan Nakes di Cirebon Manfaatkan Program Naik KA Gratis

Cirebon,- Sejak dihadirkannya program PT KAI Gratiskan Guru dan Tenaga Kesehatan (Nakes) Naik Kereta Api sejak awal November 2020...

Crab 1818 Hadirkan Promo Bapper, Harga Lebih Murah ⁣

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali menghadirkan promo untuk pelanggan.⁣ ⁣ Crab 1818 yang berlokasi...

Kandang Ayam Hadir di Cirebon, Tawarkan Menu Olahan Ayam dan Pilihan Sauce

Cirebon,- Resto Kandang Ayam kini hadir meramaikan kuliner di Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, Resto Kandang...

Pekerja Migran Indonesia Asal Kota Cirebon Jadi Korban Kekerasan

Cirebon,- Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Cirebon Mei Harianti (26) dikabarkan menjadi korban...

Cirebon,- Sebagian warga Kota Cirebon mungkin belum mengetahui bahwa, sebelum dibacakaan Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno, telah terlebih dahulu dibacakan pada tanggal 15 Agustus 1945 di Kota Cirebon.

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh dr. Soedarono pada 15 Agustus 1945 di Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon. Dan kebetulan, dr. Soedarsono merupakan kepala Rumah Sakit Kesambi, yang kini menjadi Rumah Sakit Gunung Jati.

dr. Soedarsono saat itu mendapatkan telegram dari Sutan Sjahrir untuk membacakan Proklamasi Kemerdekaan, karena mendengar bahwa Jepang kalah pada Perang Dunia II ditanggal 14 Agustus 1945.

Loading...
BACA YUK:  At-Taqwa Center Kota Cirebon Hadirkan Paket Wisata Religi Masjid Kuno

Yoyon Suharyono, salah satu anak dari pelaku sejarah Cirebon mengatakan cerita tersebut berdasarkan cerita sang ayah yang bernama Sujana. Sujana merupakan anggota Pesindo (Pemuda Sosialis Indonesia).

Menindaklanjuti telegram dari Sutan Sjahrir tersebut, akhirnya disepakati oleh pemuda pergerakan bahwa pembacaan proklamasi dilakukan pada tanggal 15 Agustus.

Lanjut dia, tugu yang berada di persimpangan Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini merupakan saksi bisu dari pembacaan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 15 Agustus 1945.

“Tugu tersebut dinamakan Tugu Kejaksan,” ujarnya, Rabu (15/8/2018).

dr. Soedarsono, kata Yoyon, adalah seorang yang berpengaruh dan disegani di Cirebon, serta orang kepercayaan dari Sutan Syahrir.

Ia menjelaskan, usai pembacaan proklamasi kemerdekaan di Tugu Kejaksan langsung kembali menyiarkan kembali ke daerah Waled, Plumbon, dan Palimanan.

Menurut Yoyon, pemilihan Cirebon sebagai pembacaan Proklmasi karena dianggap aman dari Jepang. Oleh karena itu, Cirebon menjadi salah satu pilihan untuk pembacaan Proklamasi.

Setelah dibacakan pada 15 Agustus, tokoh-tokoh pemuda bergerak menculik Soekarno-Hatta dan membawanya ke Rengkasdengklok. Tokoh pemuda tersebut mendesak Soekarno untuk secepatnya memproklamasikan kemerdekaan.

“Akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta membacakan teks Proklamasi di Jakarta,” terangnya.

BACA YUK:  Telkomsel Raih Predikat Terbaik pada 2020 Cloudera Data Impact Award

Sementara itu, Nurdin M Noor, Pemerhati Sejarah dan Budaya Cirebon mengatakan Tugu Siliwangi merupakan salah satu pertanda untuk peringatan bagi sejarah perjuangan masyarakat Cirebon.

“Selain saksi bisu pembacan proklamasi pada 15 Agustus, Tugu Siliwangi juga merupakan tempat bersejarah yang pernah terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Kolonel Mahmud Pasha,” bebernya.

Ia menjelaskan, pada tanggal 15 Agustus 1945, dr. Sudarsono yang merupakan kader Sutan Sjahrir memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Alun-alun Kejaksan. Dan ini merupakan satu fenomena yang sangat luar biasa sekali.

Menurut catatan sejarah, kata Nurdin, dilakukan pembacaan proklamasi pada 15 Agustus 1945, karena bila terlalu lama, seakan tidak dianggap oleh dunia. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Istri Sunjaya Purwadisastra, Hj. Wahyu Tjiptaningsih Terpilih Jadi Wakil Bupati Cirebon

Cirebon,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menetapkan Hj. Wahyu Tjiptaningsih sebagai Calon Terpilih Wakil Bupati Cirebon sisa...

Mulai Desember, Pegawai di Pemkab Cirebon Gunakan Batik Mande Praja Caruban

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menetapkan Batik Mande Praja Caruban sebagai batik baru untuk seluruh pegawai di Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Senin (30/11/2020). Batik Mande Praja...

Telkomsel Raih Predikat Terbaik pada 2020 Cloudera Data Impact Award

Jakarta,- Telkomsel terpilih menjadi pemenang pada 2020 Cloudera Data Impact Awards, ajang penghargaan internasional yang mengapresiasi upaya 1.400 perusahaan di seluruh dunia dalam menciptakan...

Coba Deh Bebek Nasi Rempah, Cita Rasa yang Khas Bumbu Indonesia

Cirebon,- Berawal dari hobi masak dan kulineran, Nudiana Sari warga Bumi Arum Sari, Kabupaten Cirebon mengambil peluang untuk membuka usaha kuliner. Usaha yang sudah digeluti...

More Articles Like This