Sabtu, 18 Januari 2020

TPID Se-Ciayumajakuning Gelar High Level Meeting, Ini Rekomendasi yang Dihasilkan

Populer

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Pasca Banjir di Cirebon, Petugas Gabungan Melakukan Pembersihan Lumpur

Cirebon,- Banjir yang terjadi di RT 7 RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon pada Senin malam sudah...

Sungai Meluap, Ratusan Rumah Warga di RW 03 Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon Terendam Banjir

Cirebon,- Ratusan rumah di RT 7 RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon terendam banjir setinggi 50 sampai...

Satpol PP Kota Cirebon Kembali Tertibkan PKL di Kawasan Tertib Lalu Lintas

Cirebon,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Sudarsono, Kota...

Ratusan Karyawan Hotel Cirebon Lakukan Bersih-Bersih Keraton Kasepuhan

Cirebon,- Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Cirebon melakukan bersih-bersih Keraton Kasepuhan...

Cirebon,- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-wilayah III Cirebon kembali melaksanakan High Level Meeting (HLM) dengan mengundang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat.

HLM dengan tema “Kerjasama Antar Daerah Mendukung Inflasi Terkendali di Wilayah Ciayumajakuning” tersebut diadakan di Ruang Pertemuan Hotel Santika, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Selasa (5/3/2019).

Kegiatan HLM TPID Ciayumajakuning dipimpin langsung oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Pribadi Santosa dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, M. Abdul Majid Ikram.

Loading...

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon berharap HLM TPID se-Ciayumajakuning ini mampu memberikan kontribusi positif atau rekomendasi yang bermanfaat bagi pengendalian inflasi sekaligus pengembangan ekonomi di wilayah Ciayumajakuning.

1. Inflasi Kota Cirebon Mewakili Ciayumajakuning

Di dalam paparan awal yang disajikan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Cirebon, sebagai satu-satunya Kota yang dihitung SBH di wilayah Ciayumajakuning, diperoleh informasi bahwa pencapaian inflasi Kota Cirebon mewakili wilayah Ciayumajakuning.

“ Sampai dengan saat ini masih di dalam target inflasi nasional,” ujar Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri.

Joni menjelaskan, pencapaian inflasi Kota Cirebon pada bulan Februari 2019 mengalami deflasi -0,16 persen (mtm), 1,21 persen (yoy) , 0,04 persen (ytd) didorong oleh deflasi volatile food dan administered price.

“Pencapaian deflasi Kota Cirebon menjadi deflasi yang yang lebih tinggi jika dibanding dengan nasional – 0,08 persen (mtm) dan Jawa Barat – 0,05 persen (mtm).

2. Mengenali Potensi Daerah

Beberapa poin yang dibahas di dalam pertemuan HLM TPID kali ini, lebih mengulas bagaimana daerah di wilayah Ciayumajakuning mengenali potensi masing-masing daerahnya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Pribadi Santosa mengatakan potensi daerah masih perlu dioptimalkan dan bagaimana masing-masing Kabupaten/Kota dapat saling mengisi kelebihan dan kekurangan.

“Terutama komoditas pangan yang menjadi salah satu penyumbang volatile food,” ujar Pribadi.

Lanjut Pribadi, kerjasama antar daerah menjadi hal yang wajib direalisasikan dan terus dikembangkan, agar wilayah Ciayumajakuning mampu mempertahankan kestabilan inflasi di dalam bahkan di bawah range target inflasi nasional 3 persn + 1 persen.

3. Optimalisasi BIJB

Optimalisasi BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) di Kabupaten Majalengka juga menjadi salah satu topik yang dibahas di dalam kegiatan HLM TPID kali ini.

Kepala KPw BI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan dengan adanya Bandara Udara BIJB, maka seluruh Pemerintah Daerah di Ciayumajakuning dapat memanfaatkannya. Seperti promosikan bandara sekaligus memperkenalkan pariwisata wilayah Ciayumajakuning.

“Sehingga, membuat calon pengunjung akan tertarik datang mengunjungi wilayah Ciayumajakuning sehingga atmosfir “Sadar Wisata” di Kota Cirebon dapat benar-benar terealisasikan di Ciayumajakuning,” ungkapnya.

Selain itu, kata Majid, kondisi saat ini mulai banyak lahan yang beralih fungsi menjadikan suatu perhatian khusus bagi setiap Kabupaten/Kota.

“ Terutama terkait bagaimana menjadi supply komoditas pangan agar jangan sampai kekurangan supply,” ungkap Majid.

4. Hasil Rekomendasi HLM

Kegiatan HLM yang dimulai pukul 09.30 WIB dan selesai pukul 12.30 WIB tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi diantaranya;

A. Fenomena alih fungsi lahan di wilayah Ciayumajakuning perlu segera dibatasi salah satunya melalui Perda yang melindungi lahan-lahan produktif.

B. Meningkatkan kerjasama antar daerah dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan di wilayah Ciayumajakuning.

C. Penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan yang bertindak selaku distributor channel dan marketplace.

D. Pengembangan dan penguatan program Kampung Peduli Inflasi.

E. Sinergi antar daerah di wilayah Ciayumajakuning dalam pengembangan pariwisata untuk mewujudkan peningkatan perekonomian di wilayah Ciayumajakuning.

F. Pentingnya neraca pangan dalam mendukung perumusan kebijakan yang tepat sasaran
dan efektif. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sasar Kaum Milenial, CSB Mall Akan Buka Opus Ware House Dengan Konsep Kekinian

Cirebon,- Awal tahun 2020, tenant yang ada di CSB Mall sudah mencapai 100 persen. Namun awal tahun ini, akan...

Satreskrim Polres Cirebon Kota Tangkap Tersangka Spesialis Perampasan Handphone

Cirebon,- Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cirebon Kota berhasil meringkus dua dari empat pelaku pencurian dengan kekerasan yang terjadi di jalan Mangga Raya...

Desainer Cilik Indonesia Akeyla Naraya Alyandina Berbagi Pengalaman Bersama Anak-anak Cirebon

Cirebon,- Desainer cilik Indonesia yang sudah mendunia Akeyla Naraya Alyandina (9), hadir dalam acara Literasi Kreatif yang berlangsung di Gedung Perpustakaan 400, Jalan Brigdjen...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan digunakan untuk pengembangan perumahan, Kamis...

Rusak Tanaman Padi, Petani di Kabupaten Cirebon Berburu Tikus

Cirebon,- Banyaknya hama tikus yang merusakan tanaman padi, puluhan petani di Blok Krapyak, Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon resah dengan hama tikus...

More Articles Like This