Polres Cirebon Kota Kerahkan 270 Personil Amankan TPS di Pemilu 2024

Cirebon,- Polres Cirebon Kota mengerahkan sebanyak 270 personil untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Cirebon Kota, AKBP M. Rano Hadiyanto usai meninjau pergeseran logistik Pemilu 2024, Senin (12/2/2024).

“Mulai besok, 270 personil dari Polres Cirebon Kota akan insert ke TPS-TPS masing-masing di wilayah hukum Polres Cirebon Kota,” ujar Rano kepada About Cirebon.

Menurut Rano, seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS, sudah diberikan pembinaan teknis. Selain mendapat pengarahan dari Kepolisian, pembinaan teknis juga didapat dari Bawaslu dan KPU.

BACA YUK:  Selain Capres Ganjar, Universitas Muhammadiyah Cirebon Akan Undang Capres Lainnya

“Pembinaan teknis ini untuk memberikan pembekalan kepada anggota, terkait tata cara pengamanan di TPS masing-masing. Pengamanan anggota akan melekat di TPS, namun tidak masuk ke TPSnya,” jelas Rano.

Anggota kepolisian ini, kata Rano, akan bertugas sampai perhitungan selesai dan sampai kotak suara bergeser dari TPS ke PPK, dan sampai kembali lagi ke gudang KPU.

“Satu anggota kepolisian ini, akan bertugas sesuai dengan indeks kerawanan TPS. Untuk TPS rawan, maka satu TPS akan dijaga oleh satu personil Polri dibantu Linmas,” katanya.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Berhasil Tangkap 3 Pelaku Penyalahgunaan Gas Elpiji Bersubsidi

“Sedangkan untuk TPS kurang rawan ada beberapa pola pengamanan yang digunakan. Ada 1 personil Polri menjaga 6-7 TPS,” sambungnya.

Indikator TPS rawan, menurut Rano, berdasarkan rekomendasi Bawaslu karena bencana, karena DPT yang banyak, dan juga berdasarkan indikator terdapat kontestan yang imbang. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *