Minggu, 24 Oktober 2021

Cirebon Sebagai Pilot Project Sistem E-Retribusi Pakai QRIS

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Rampung 100%, Siap Dioperasikan

Majalengka,- Pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung. Akses ini terhubung langsung dengan jalan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Yayasan Wani Amal Cirebon Gelar Khitan Massal

Cirebon,- Sebanyak 30 anak mengikuti Khitan Massal 2021 yang digelar oleh Yayasan Wani Amal (YWA) Cirebon, Selasa (19/10/2021). Kegiatan...

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bekerja sama dengan Bank BJB dan Link Aja meluncurkan sistem pembayaran E-Retribusi di Pasar Tradisional Kota Cirebon, Sabtu (7/12/2019).

Sebagai Pilot Project, sistem pembayaran E-Retribusi menggunakan Q-RIS (Quick Response Code Indonesia Standard) diluncurkan di Pasar Gunung Sari, Kota Cirebon oleh Wali Kota Cirebon, Kepala KPw BI Cirebon, Kepala Bank BJB Cirebon, Direktur Perumda Kota Cirebon dan Head of Ecosystem Expansion Group Link Aja.

Kepala KPw BI Cirebon, Fadil Nugroho mengatakan Pasar Gunung Sari Cirebon merupakan pasar pertama di Indonesia yang melakukan E-Retribusi dengan menggunakan Q-RIS.

Loading...

“Ini masih uji coba, apakah berjalan bagus, akan kita kawal terus. Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Cirebon, Dirut Perumda Pasar, BJB, dan Link Aja,” ujar Fadil.

Menurut Fadil, penggunaan E-Retribusi ini Perumda Pasar bisa langsung mengetahui atau termonitor apakan pemilik lapak di pasar sudah membayar atau belum.

BACA YUK:  Dokter dan Layanan Telekonsultasi Berperan Penting Saat Pandemi

“Jadi pemilik lapak yang belum membayar bisa terlihat. Pembayaran ini bisa menggunakan aplikasi dompet elektronik apa saja, karena barcode yang dibuat unik oleh Link Aja menggunakan Q-RIS,” terangnya.

Biasanya retribusi dilakukan dengan sistem setoran, dengan adanya E-Retribusi, para pedangan bayar sesuai dengan nilai yang sudah ditentukan, dan tidak perlu membayar ke kantor maupun ditagih.

“Untuk pembayaran E-Retribusi, barcode yang digunakan setiap pedagang berbeda-beda. Bahkan, bila pembeli yang ingin membayar menggunakan QRIS disediakan barcode berbeda yang mana langsung masuk kedalam rekening  penjual,” kata Fadil.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan program E-Retribusi merupakan sebuah langkah yang sangat maju, berani, yang bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan kewajiban bagi para pemilik lapak di pasar tradisional.

“Dengan adanya E-Retrebusi, sudah tidak repot lagi untuk membayar ke kantor ataupun ke pos-pos tertentu yang sudah disediakan oleh PD Pasar,” ujar Azis.

Dengan adanya E-Retribusi ini, kata Azis, upaya pemerintah daerah untuk mengurang tingkat kebocoran bisa terwujud. Selama ini, hampir di semua sektor yang namanya kebocoran selalu saja ada.

“Tentunya dengan sistem ini, tingkat kebocoran bisa diminimalisir. Kami juga menginginkan untuk sektor-sektor lain dapat menerapkan sistem tersebut, sehingga bisa membahagiakan masyarakat Kota Cirebon, misalnya pembayaran PD Air Minum ataupun juga pembayaran yang lain,” terang Azis.

Azis berharap, sistem E-Retribusi ini tidak hanya diterapkan di Pasar Gunung Sari saja, tapi untuk semua pasar-pasar yang ada di Kota Cirebon bisa menggunakan sistem E-Retrebusi.

“Kemudian sistem ini bisa merambah ke sektor-sektor transaksi yang ada di tempat lain, agar semuanya dimudahkan,” tutup Azis. (AC212)

BACA YUK:  Dorong Misi Kemanusiaan, Bank Indonesia Cirebon Kembali Gelar Kegiatan Donor Darah
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Arstone Gallery Cirebon Tawarkan Produk Marmer, Granit, Travertine, dan Onyx

Cirebon,- Arstone Gallery yang berlokasi di Jalan Pagongan No. 15 A (Samping Lengko Barno), Kota Cirebon menghadirkan pengalaman belanja yang lebih nyaman. Pengunjung Arstone...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan Argasunya, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon,...

Peringati Bulan Gigi Nasional 2021, HDC Clinic Gelar Berbagai Kegiatan

Cirebon,- Health Dental Care (HDC) Clinic menggelar kegiatan Talkshow dan Beauty Class, Sabtu (23/10/2021). Kegiatan dalam rangka bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 berlangsung di...

More Articles Like This