Sultan Kasepuhan: Hadirnya Mantera Pusat Wisata Belanja Rotan Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Cirebon

0
113

Cirebon,- Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, P.R.A. Arief Natadiningrat menyambut baik dengan dibukanya pusat wisata belanja rotan Mantera yang berlokasi di Blok Sitelan, Desa Kertasari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

1. Industri Kreatif

Aston Hotel

“Saya bersyukur Alhamdulillah, ternyata Cirebon itu sangat kreatif, ini yang harus dicatat nih kreatif,” ujar Sultan usai membuka Mantera, selasa (30/4/2019).

Menurut Sultan, Inggris bisa berkembang itu karena industri kreatifnya, bahkan sampai sekarang masih menghasilkan pendapatan dari dunia musik, olahraga dan lain sebagainya.

Wisata Rotan Mantera

“Dan ternyata, Cirebon itu kreatif sudah lama. Sehingga dunia kreatif itu potensinya sangat besar,” jelasnya.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

2. Kolaborasi

Sultan melihat, pusat belanja wisata rotan Mantera, agar bisa bagaimana mengembangkan industri kreatif rotannya yang dikolaborasikan dengan produk-produk di wilayah Cirebon.

“Dan itu, bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dari konsumen di era milenial, seperti tempat permen, kaca hias, tas, kursi, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

“Termasuk juga produk untuk kebutuhan hewan, yang tidak terpikirkan oleh kita dan Mantera bisa membuat itu,” tambah Sultan.

Sultan yakin, bahwa Cirebon akan menjadi destinasi wisata kreatif yang menjadi andalan di Jawa Barat.

“Kita tidak kalah dengan daerah-daerah lain, seperti Bandung, Jogja dan Bali,” terangnya.

Namun Sultan menyampaikan tinggal bagaimana kita mempromosikannya, bahwa Cirebon memiliki produk-produk kreatif.

3. Satu Paket Wisata

Produk-produk kreatif yang ada di Cirebon, Sultan berencana akan mempromosikan dengan paket wisata di keraton, Goa Sunyaragi, dan destinasi-destinasi wisata yang lain.

[Baca juga : Mantera Pusat Wisata Belanja Rotan Resmi Dibuka, Ini yang Ditawarkan]

“Ini bisa menjadi satu paket, dan yang sudah jalan adalah Trusmi untuk batiknya dan kerajinan kerang. Nah sekarang bisa satu paket dengan wisata belanja rotannya,” ungkap Sultan.

Penandatanganan prasasti oleh Sultan Sepuh XIV

Yang berikutnya adalah, tambah Sultan adalah untuk wisata pendidikan. Dan ternyata, Mantera sudah menyiapkan wisata edukasinya yaitu menganyam.

“Jadi bagi siapapun yang ingin belajar menganyam dan membuat produk-produk rotan bisa dilakukan disini,” tambahnya.

4. Pemerintah Daerah

Sultan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon khususnya, Jawa Barat pada umumnya untuk bagaimana produk kreatif dan pariwisata Cirebon bisa diangkat.

“Pemerintah tidak usah repot-repot, tinggal memfasilitasi, mempromosikan, memudahkan segala urusan, perijinan dan lain sebagainya,” tegasnya.

“Mudah-mudah, dengan munculnya industri kreatif di Cirebon dapat menjadi destinasi unggulan di Jawa Barat,” harap Sultan. (AC212)