PHRI, IHGMA dan Komunitas di Cirebon Bersih-bersih Pantai

0
52

Cirebon,- Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon menggelar bersih-bersih pantai di Pelabuhan Kota Cirebon, Rabu (1/5/2019).

1. Rutin Diselenggarakan

Aston Hotel

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai yang dihadiri Wakil Wali Kota Cirebon tersebut diikuti juga oleh puluhan hotel dan komunitas yang ada di Kota Cirebon.

Imam Reza Hakiki, selaku Ketua PHRI Kota Cirebon mengatakan bersih-bersih pantai Cirebon ini dalam rangka misi mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik sekali pakai.

“Kegitan ini memang diinisiasi oleh PHRI dan IHGMA, yang sebelumnya kita pernah melakukan hal yang sama pada tahun lalu,” ujarnya kepada About Cirebon di sela-sela kegiatan.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

[Baca juga : Hari Sumpah Pemuda, Para Pelaku Hotel dan Komunitas Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah Plastik]

Dari tahun sebelumnya, lanjut Kiki sapaan akrabnya menjelaskan tahun ini lebih ramai dibanding tahun lalu, bahkan bisa dua kali lipatnya yang ikut serta.

“Dan Alhamdulillah, dari Pemerintah Kota Cirebon mendukung kegiatan bersih-bersih sampah plastik,” terangnya.

Kiki berharap, kegaitan bersih-bersih pantai bisa berkelanjutan dan di tahun-tahun selanjutnya peserta yang berpartisipasi lebih banyak lagi.

“Insyaallah bersih-bersih ini akan diadakan rutin,” kata Kiki.

2. Peduli Kota Cirebon

Di tempat yang sama, Ketua IHGMA Kota Cirebon, Endro Basuki menjelaskan Indonesia merupakan negara penyumbang sampah terbesar kedua di dunia setelah China.

“Ini prestasi yang tidak bagus, maka kita harus mengurangi itu. Karena, menurut survei beberapa yayasan pada tahun 2050 kalau kita tidak melakukan perbaikan sampah laut dengan signifikan, jumlah ikan di laut beratnya akan sama dengan sampah,” ujar Endro.

Sehingga, kata Endro, program tersebut merupakan bagian dari kita peduli dengan kota Cirebon dalam mengurangi sampah di laut.

“Kami (IHGMA dan PHRI) menyatukan visi, apa sih yang bisa kita lakukan untuk mencintai Cirebon ini dari sisi yang paling kecil,” terangnya.

3. Peserta 

Menurut Endro, kegiatan bersih-bersih pantai hari ini sangat luar biasa, karena hampir 20 hotel di Cirebon dan sekitar 15 komunitas yang tergabung dalam program tersebut.

“Program ini akan kita lakukan secara rutin setiap enam bulan sekali,” jelasnya.

Mengenai lokasi bersih-bersih pantai, kata Endro, bahwasanya mendapatkan masukan dari Ibu Wakil Wali Kota Cirebon akan dilakukan berpindah-pindah tempat.

“Kita sudah lakukan dua kali disini (Pelabuhan Cirebon), kedepan kita akan liat dulu lokasinya yang nanti akan dilakukan bersih-bersih,” terangnya.

“Tadi sih masukan dari bu Wakil, bisa di Kejawanan atau bisa juga Panjunan, serta Kesenden,” imbuh Endro.

4. Edukasi Pihak Hotel

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan bersih-bersih sampah, orang-orang bisa peduli  bahwa kita harus memperhatikan kebersihan, terutama sampah plastik.

“Bahkan hotel-hotel sudah memulai mengurangi penggunaan berbahan plastik, misalnya yang dulu pakai sedotan plastik sekarang ada beberapa hotel yang sudah pakai sedotan stainles atau kertas,” ungkapnya.

Dari sekarang saja, tambah Endro, pihak PHRI dan IHGMA sudah melalui melakukan edukasi dan sharing dengan pihak hotel untuk mulai dari hal yang paling bisa lakukan terlebih dahulu untuk penggunaan plastik.

“Jadi kita sudah mulai edukasi mengenai hal kecil seperti itu kepada teman-teman hotel di Cirebon,” tandasnya. (AC212)