Minggu, 16 Februari 2020

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Festival Budaya Cirebon

Populer

Sudah 4 Hari, Anak 4 Tahun Asal Pamengkang Cirebon Masih Koma Akibat Gigitan Ular Berbisa

Cirebon,- Anak perempuan usia 4 tahun asal Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon masih tak sadarkan diri di ruang...

Begini Kronologis Bocah 4 Tahun yang Masih Koma Karena Digigit Ular

Cirebon,- Adila Oktavia bocah 4 tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06 RW 07 Sumur Buah, Kecamatan Mundu,...

Mulai 14 Februari 2020, Tiket Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum...

Suasana Haru Iringi Pemakaman Adila Bocah 4 Tahun yang Meninggal Akibat Gigitan Ular

Cirebon,- Suasana haru mengiringi pemakaman Adila Oktavia anak perempuan usai empat tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06...

Koma Lima Hari, Bocah 4 Tahun yang Digigit Ular Berbisa Meninggal Dunia

Cirebon,- Anak perempuan Adila Oktavia berusia 4 tahun asal Desa Pamengkan, Blok Wage RT 06 RW 07 Sumur Buah,...

Cirebon,- Festival Budaya Cirebon (Nadran Gunung Jati) yang berlangsung di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2010).

Ribuan masyarakat Cirebon dari berbagai daerah tumpah ruah di Jalan Raya Cirebon – Indramayu untuk menyaksikan iring-iringan peserta Festival Budaya Cirebon ini.

Acara yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga sore hari ini dimeriahkan dengan Ogoh-ogoh dari desa-desa di daerah Gunung Jati dan kemudian diarak dari Komplek Makan Sunan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon hingga bundaran depan Gedung Negara.

Loading...

Ogoh-ogoh yang diarak dari Komplek Makan Sunan Gunung Jati begitu memukai masyarakat yang memadati Jalan Raya Cirebon – Indramayu, bahkan mereka pun mengabadikan ogoh-ogoh dengan smartpohonenya.

Bentuk ogoh-ogoh yang diarak seperti replika harimau, naga, gajah, kereta kencana, udang, dan masih banyak lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan acara Nadran Gunung Jati sejak tahun kemarin diubah namanya menjadi Festival Budaya Cirebon.

“Perubahan nama ini juga sudah diakui oleh Kementerian Pariwisata dan sudah masuk dalam kalender seratus event nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cirebon, Imron Rosaydi menambahkan event Festival Budaya Cirebon merupakan agenda tahunan, bahkan sudah diakui oleh Kementrian Pariwisata.

“Festival ini memiliki potensi yang sangat besar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Kabupaten Cirebon,” ungkpanya.

Lanjut Imron, Kabupaten Cirebon menargetkan pada tahun ini sebanyak 2 juta wisatawan. Oleh karena itu, event ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Festival Budaya Cirebon salah satu bagian dari kearifan lokal yang ada di Cirebon, sehingga kita harus saling bersinergi untuk melestarikan tradisi yahg setiap tahunnya selalu meriah,” jelasnya.

Selain itu, salah satu peserta Festival Budaya Cirebon dari Kalisapu RW 1 Blok 3, Sutanton mengatakan bahwa dana membuat ogoh-ogohan berasal dari swadaya masyarakat.

“Kalau di hitung-hitung habis Rp. 6 juta. Tapi kita ingin memeriahkan acara nadran dan sedekah bumi, sebagai ungkapan rasa syukur,” singkatnya. (AC212)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Baso Pentol Jeletot Ambu, Cocok Untuk Para Pecinta Kuliner Pedas

Cirebon,- Bagi para pecinta pedas, tidak ada salahnya coba makanan yang satu ini. Namanya Pentol Jeletot Ambu atau baso...

Sebagai Bentuk Syukur, HUT Sindangkasih FM ke-47 Gelar Bakti Sosial dan Hadirkan Puluhan Artis Pantura Cirebon

Cirebon,- Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-47, Radio Sindangkasih FM menggelar acara syukuran yang berlangsung di Ramayan Cirebon Square Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu...

D’Classic Barber & Coffee Hadir di Cirebon Dengan Konsep Berbeda

Cirebon,- D’Classic Barber & Coffee yang berlokasi di Jalan Raya Galunggung, No. 171 Perumnas Kota Cirebon hadir dengan konsep yang berbeda. D’Classic Barber & Coffee...

GMC Cirebon Bungkam Tuan Rumah Scorpio Jakarta di Srikandi Cup Seri 2

Jakarta,- Tim basket putri GMC Cirebon memetik kemenangan kedua pada Srikandi Cup seri 2 Jakarta, setelah mereka mengalahkan tuan rumah Scorpio (58-36) di GOR...

Senangnya Puluhan Anak-anak Yatim Saat Diajak Berwisata Edukasi

Cirebon,- Raut muka bahagia terpancar dari puluhan anak-anak yatim saat memasuki Trans Studio Mini Cirebon yang ada di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon,...

More Articles Like This