Polres Cirebon Kota akan Bangun Polisi Corner di Tempat Menginap Para Atlet Asian Games

0
81
Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Roland Ronaldy

Cirebon,- Perhelatan Asian Games XVII di Indonesia akan berlangsung pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan untuk mensukseskan ajang olahraga Internasional untuk negara-negara Asia. Salah satunya persiapan keamanan yang dilakukan oleh Jajaran Polres Cirebon Kota.

Aston Hotel

Kota Cirebon menjadi tempat menginapnya para atlet Cano yang akan berlaga pada Asian Games di Bendungan Rentang, Kabupaten Majalengka.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Roland Ronaldy mengatakan pihaknya bekerja sama dengan tempat menginapnya para atlet khususnya di Aston Cirebon Hotel dan Swiss-Belhotel Cirebon serta akan menempatkan beberapa personil di lingkungan hotel.

“Dan kami mempunyai inovasi dengan membuat Polisi Corner. Kami menempatkan anggota di Polisi Corner yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada turis atau atlet yang menginap,” ujarnya kepada awak media usai syukuran HUT Bhayangkara ke-72 di Mapolresta Cirebon, Rabu (11/7/2018).

Istana Kerang

Seperti yang kita ketahui, lanjut Roland, atlet yang datang ke Indonesia tidak sendiri, pasti mereka membawa oficial dan kru lainnya.

“Oleh karena itu, ini merupakan ajang untuk memperkenalkan budaya-budaya Cirebon dan sistem keamanan di Cirebon. Dengan sistem keamanan yang baik, tentunya akan memberikan keinginan untuk para tamu untuk kembali lagi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, anggota yang ditempatkan di Polisi Corner, merupakan anggota yang mempunyai keahlian berbahasa Inggris.

“Jadi, fungsi anggota yang berada di Polisi Corner untuk memberikan informasi-informasi tentang pengamanan, menerima pengaduan dari para turis, dan akan menyediakan blangko bilingual yang nantinya digunakan oleh masing-masing anggota di Polisi Corner,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, setiap Polisi Corner akan ada command center, sehingga bisa menerima laporan apabila terjadi ganguan Kamtibmas.

Pihaknya pun telah berkordinasi dengan CSB Mall dan akan menempatkan anggota di costumer service. Dan, tidak menutup kemungkinan beberapa tempat pusat perbelanjaan dan wisata akan dibangun juga Polisi Corner.

Terpopuler

“Setiap Polisi Corner nanti akan diisi oleh 5 personil yang sudah mempunyai keahlian berbahasa Inggris, dan paling penting mereka mengetahui tempat-tenpat wisata di Cirebon, serta memberikan himbauan pengamanan,” tandasnya. (AC212)