Shapira Setiawan Gadis 16 Tahun Membentuk Komunitas Youth Action Cirebon

0
378
Shapira Setiawan, Founder Youth Action Cirebon

Cirebon,- Ketertarikan di bidang sosial dan lingkungan membuat Shapira Setiawan membentuk Komunitas Youth Action Cirebon. Siapa sangka, wanita yang akrab disapa Ara ini masih 16 tahun namun sudah membentuk komunitas yang beranggotakan 40 orang.

“Awalnya aku buat komunitas ini karena aku suka hal-hal yang berkaitan dengan sampah, anak kecil, dan sustainable product. Kemudian pengen banget gabung di komunitas yang fokusnya pada bidang itu,” ujarnya kepada About Cirebon.

Aston Hotel

Namun, di Cirebon sendiri diakuinya belum ada komunitas sesuai yang diinginkannya. Hingga akhirnya Ara mendaftarkan diri untuk menjadi relawan di beberapa komunitas yang ada di Jakarta. Sayangnya Ara ditolak, karena umurnya yang masih 16 tahun. Komunitas tersebut memiliki ketentuan untuk menjadi relawannya dengan batas minimum usia 18 tahun.

Kecewa memang, keinginannya ditolak hanya karena usia yang masih muda.

“Terus aku mikir kalau mereka semua menolak karena umurku, ya aku bakal bikin komunitas sendiri dan tunjukin ke mereka bahwa aku si anak kecil yang mereka tolak,” ucap dara kelahiran 5┬áNovember 2001 itu.

Tepat pada 7 April 2018 lalu, Ara yang memiliki hobi dengan design interior mengukuhkan komunitas ini. Hadirnya Youth Action Cirebon, sebagai wadah berkreativitas muda-mudi Cirebon untuk mencintai Kota Cirebon dengan sadar lingkungan dan menciptakan suasana yang nyaman, sesuai visinya yakni terciptanya kepedulian terhadap sesama dan membuat Kota Cirebon bebas sampah plastik.

Mengawali bersama teman-temannya, saat ini anggota dari Youth Action Cirebon sudah mencapai 40 orang. Mereka aktif di berbagai kegiatan seperti membersihkan sampah plastik di area pesisir Pelabuhan beberapa waktu lalu, kemudian saat Ramadan berbagi takjil, dan masih banyak lagi event yang sudah terancang kedepannya.

Terpopuler

Ara yang saat ini masuk kelas XII di SMA Negeri 2 Kota Cirebon merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Kedua orang tuanya Neneng dan Boby Setiawan mendukung akan kegiatan positif anaknya tersebut. Dia bercita-cita bisa melanjutkan pendidikan Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. (AC560)