Permudah Pencari Kerja, Disnaker Kota Cirebon Luncurkan Aplikasi Cirebon Lunga

0
181

Cirebon,- Untuk mempermudah para pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon resmi meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga (Luru Lowongan Kerja).

Peluncuran aplikasi tersebut berlangsung di Kantor Disnaker Kota Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Rabu (11/7/2018).

Aston Hotel

Aplikasi Lunga yang dinamakan menggunakan bahasa Cirebon diartikan pergi, namun Lunga tersebut merupakan kepanjangan dari Luru Lowongan Kerja atau Cari Lowongan Kerja.

Agus Sukmanjaya, Kepala Disnaker Kota Cirebon mengatakan Aplikasi Cirebon Lunga untuk menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan penyedia kerja.

“Namun saat ini baru ada 7 perusahaan yang sudah kerjasama dari 67 perusahaan yang sudah ditawarkan. Namun masih terkendala dengan persyaratan,” ujarnya.

Istana Kerang

Agus menjelaskan, di Kota Cirebon terdapat kurang lebih 1.400 perusahaan, tetapi untuk perusahaan yang sedang dan kecil hanya mencapai 200 perusahaan saja.

“Untuk saat ini, aplikasi Cirebon Lunga masih dalam tahap penyempurnaan, namun masih bisa di dibuka via web cirebonlunga.cirebonkota.go.id,” katanya.

“Insya Allah, akhir Juli ini bisa dipublish lebih lengkap dan dapat di unduh melalui Android dan iOs,” terangnya.

Pihaknya akan terus fokus menggarap perusahaan-perusahaan sedang dan besar terlebih dulu, mengingat serapan tenaga kerja cukup besar.

“Sebelum bekerja sama dengan Pemda, perusahaan diwajibkan untuk melengkapi syarat seperti surat kuasa dari perusahaan pusat dan struktur personalia perusahaan,” jelasnya.

“Artinya kerja sama dengan Disnaker Kota Cirebon dan dunia usaha yaitu terkait dengan database,” imbuhnya.

Sampai saat ini, kata Agus, yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut sudah mencapai 17 ribu, lengkap dengan nama, alamat, serta kualifikasi masing-masing pencari kerja.

Kemudian, ketersediaan pekerjaan di aplikasi Cirebon Lunga bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Akan tetapi, untuk proses melamar kerja secara online hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang ber-KTP Kota Cirebon.

“Sehingga warga luar Kota Cirebon hanya bisa melamar ke perusahaan secara offline,” bebernya.

Disnaker Kota Cirebon masih terus intens memberikan pelatihan keterampilan kepada para pencari kerja di Kota Cirebon.

Terpopuler

“Jadi, ketika para pencari kerja tersebut diserap oleh perusahaan, mereka sudah memiliki kemampuan yang cukup,” tandasnya. (AC212)