Maksimalkan Ruang Terbuka untuk Pertunjukan Seni dan Budaya Cirebon

Cirebon,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon rutin menyelenggarakan malam pertunjukkan yang diberi nama ‘Malam Mingguan ning Bale Kota’.

Kegiatan yang sudah berjalan selama empat pekan tersebut, kali ini berkolaborasi dengan DPRD Kota Cirebon yang memiliki program rutin One Day With Citizen (ODWC).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman gedung DPRD Kota Cirebon tersebut, menampilkan pertunjukan seni musik tradisional yakni tarling.

Selain pimpinan dan anggota DPRD Kota Cirebon, hadir sejumlah tokoh masyarakat, pelaku seni dan budaya hingga kalangan milenial, Sabtu (11/6/2022) malam.

BACA YUK:  Pendampingan HKI Tingkat Kecamatan di Kota Cirebon Mulai Dilakukan

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, S.Sos menjelaskan, kegiatan ini menjadi sebuah ruang apresiasi untuk pelaku seni dan budaya Cirebon. Sebab, selama pandemi COVID-19 tidak memiliki ruang pertunjukan.

“Kami bersyukur saat ini bisa memberikan kesempatan di ruang publik bagi pelaku seni dan budaya Cirebon. Kita buka di ruang publik dan ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi,” kata Agus.

Kegiatan ini, kata Agus, akan rutin, bahkan rencananya akan membuka ruang pertunjukan baru untuk setiap malam dan di tiap kecamatan ada. Sekaligus menampilkan kreativitas warga setempat.

BACA YUK:  Rapat Koordinasi, 14 Kelurahan di Kota Cirebon Sudah Sampaikan Konsep Kampung Wisata

“Keterlibatan pelaku seni dan budaya tidak hanya sebatas pertunjukan pada malam hari. Tetapi mereka akan dilibatkan di setiap even pemerintahan,” tuturnya.

Pada kegiatan ini, pihaknya mengaku tidak hanya didukung oleh DPRD Kota Cirebon, tetapi juga sejumlah perangkat daerah lainnya.

“Pada kesempatan ini juga, kita melibatkan pelaku ekonomi kreatif atau UMKM. Langkah ini sebagai upaya untuk memberdayakan serta sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19,” kata Agus

Agus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama sejumlah komunitas anak muda yang turut serta.

BACA YUK:  Dua Sapi di Kota Cirebon Terjangkit PMK, Satu Sapi Sudah Sembuh

“Kami apresiasi semangat para anak muda yang ikut serta melestarikan seni dan budaya daerah,” tutup Agus. (HSY)

(Dilihat: 29 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.