Lulusan SD Kebon Baru VII, Rahmat Bagja Terpilih Menjadi Ketua Bawaslu RI 2022 – 2027

Cirebon,- Presiden Joko Widodo resmi melantik 5 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Pelantikan anggota Bawaslu RI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34/B Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum.

5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 yang dilantik oleh Presiden Jokowi yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. Usai dilantik, 5 anggota Bawaslu RI langsung melakukan rapat pleno dan menyepakati Rahmat Bagja menjadi Ketua Bawaslu RI periode 2022-2027.

“Hasil mufakat kami, menyepakati untuk Ketua Bawaslu RI akan diamanahkan kepada Bapak Rahmat Bagja yang diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya,” ujar Lolly Suhenty saat konferensi dan perkenalan pimpinan Bawaslu RI melalui kanal YouTube Bawaslu RI.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 16 Juni 2022

Sekedar diketahui, Ketua Bawaslu RI terpilih Rahmat Bagja merupakan kelahiran Medan, 10 Februari 1980. Sampai dengan umur 5 tahun besar di Medan, bersama ayah dan ibu dan keluarga besar ayah.

Dari situs resmi Bawaslu, saat usia 5 tahun Rahmat Bagja pindah ke Bandung dan masuk TK 330 Kujang Bandung, sampai dengan kelas 3 SD bersekolah di Bandung. Kemudian pindah ke Medan selama 1 tahun dan kemudian pindah kembali ke Cirebon selama 2 tahun sampai dengan menamatkan SD di Kebon Baru VII, Cirebon. Menamatkan SMP 2 dan SMA 2 di Bogor. Melanjutkan kuliah pada tahun 1998-2003 di Fakultas Hukum UI.

BACA YUK:  SIM Berlaku Habis Saat Liburan? Masih Bisa Diperpanjang dan ini Jadwalnya

Aktif dalam Gerakan Mahasiswa untuk era Reformasi. Ketua Umum Senat Mahasiswa di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia 2001-2002, Ketua Umum Komisariat HMI FHUI (2000-2001), juga menjadi Wakil Koordinator Lembaga Pengelolaan Kader HMI Cabang Depok dan secara bersaman juga menjadi Wakil Sekretaris Umum PTKP HMI Cabang Depok (2001-2003).

Rahmat Bagja berkuliah pada tahun 2008-2009, di Fakultas Hukum, Utrecht University, Belanda dan menjadi Ketua Umum PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Utrecht. Pada tahun 2010-2014. kuliah kembali pada Program Doktor Ilmu Hukum.

Sebelum di Bawaslu, menjadi Dosen Tetap pada Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia dan Tenaga Ahli MKD DPR RI.

BACA YUK:  Universitas Muhammadiyah Purwokerto Buka Tempat Pendaftaran di Cirebon

Sementara itu, Plt Kepala Bagian Pengawas Pemilu Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Andhika Pratama S.IP M.IP saat di hubungi About Cirebon melalui pesan singkat WhatsApp berharap dengan dilantiknya Rahmat Bagja sebagai Ketua Bawaslu RI bisa mengawasi jalannya tahapan pemilu dan pilkada serentak 2024.

“Saya berharap dengan dilantiknya pimpinan yang Baru dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam mengawasi tahapan pemilu dan pilkada serentak 2024, juga menjaga marwah Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu terpercaya,” ujar Andhika.

Andhika juga berharap bisa menjadikan Sekretariat Bawaslu lebih profesional dan berintegritas dalam menjalankan kerja pengawasan dan penegakan hukum Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. (HSY)

(Dilihat: 280 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.