KRI Dewaruci Sudah Tiba di Pelabuhan Cirebon

Cirebon,- KRI Dewaruci kembali bersandar di Pelabuhan Cirebon, Jumat (23/9/2022). Kehadiran KRI Dewa Ruci di Cirebon ini dalam rangka Ekspedisi Maritim TNI AL bersama Tempo dengan tema “Jelajahi Kejayaan Maritim Nusantara”.

Ekspedisi Maritim tersebut berlangsung sejak 22 September sampai dengan 11 Oktober 2022. KRI Dewa Ruci akan bersandar di beberapa kota, dimulai dari Jakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Salatiga, Juwana, Rembang, Gresik, Surabaya, Pacitan, Yogyakarta, Cilacap, Pangandaran dan kembali lagi ke Jakarta.

Kadispenal, Laksma Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan hari ini, KRI Dewaruci sudah merapat di Pelabuhan Cirebon, dalam rangka Ekspedisi Maritim Jelajahi Kejayaan Maritim Nusantara. Pada kesempatan ini, lanjutnya, TNI AL bersama dengan tim Tempo.

BACA YUK:  Kolaborasi Biznet Data Center dan Merkle Innovation Luncurkan Solusi Implementasi Private Cloud Lintas Perangkat

Baca Yuk : Kapal Legendaris KRI Dewaruci Singgah di Pelabuhan Cirebon

“Di Cirebon ini ada beberapa situs-situs yang berkaitan dengan Kejayaan Maritim. Seperti tenggelamnya KRI Gajahmada, museum, dan ada makam Samadikun.

Serta, kata Julius, ada potensi wisata di Cirebon ini, yang bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran kolektif kita sebagai bangsa maritim.

“Kita tahu bahwa cukup lama penjajah Belanda membalikan fakta, kalau kita bangsa maritim. Untuk itu, tim Tempo akan mencoba menggali potensi-potensi, sehingga generasi muda kita mindset nya kembali ke laut,” katanya.

BACA YUK:  Inilah Sejarah KRI Dewa Ruci dan Jadwal Kunjungan Saat Bersandar di Pelabuhan Cirebon

Kalau kita tahu, tambah Julius, konsep karakter sebagai bangsa maritim adalah output looking bukan in good looking. Kemudian, menjadi trend center bukan menjadi follower.

Baca Yuk : Ribuan Masyarakat Sambut Kedatangan KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon

“Cara berpikir seperti itu harus kita bangkitkan kembali, agar kejayaan maritim seperti zaman Sriwijaya, Majapahit yang ditakuti bangsa-bangsa dunia,” jelasnya.

KRI Dewaruci akan bersandar di Pelabuhan Cirebon sampai hari Minggu (25/9/2022) dan akan melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya. Selama di Cirebon, KRI Dewaruci akan menggelar openship pada Sabtu (24/9/2022).

BACA YUK:  Buku “Loper Koran Jadi Jenderal” Dibedah, Dudung Memang Tokoh Inspiratif

Openship akan dibuka menjadi dua sesi, yakni sesi pertama akan dimulai untuk pelajar dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Sedangkan sesi kedua mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB untuk umum. (HSY)

(Dilihat: 375 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.