Ribuan Masyarakat Sambut Kedatangan KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon

Cirebon, 25 Agustus 2017,- Ribuan masyarakat dan pelajar mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama memadati Pelabuhan Cirebon untuk menyambut kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, Jumat (25/08/2017).

KRI Dewaruci merupakan kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut yang akan Open Ship di Pelabuhan Cirebon selama tiga hari, mulai hari ini Jumat, 25 sampai 27 Agustus 2017.

Nama kapal yang diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa yaitu Dewa Ruci berbasis di Surabaya merupakan kapal layar terbesar kebanggaan masyarakat Indonesia yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Penyambutan KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon

Letkol Mar. Yustinus Rudiman MTR Hanla; MTR (Han), selaku Komandan Lanal Cirebon mengatakan, Kedatangan KRI Dewaruci di Kota Cirebon merupakan moment yang langka, karena kapal ini merupakan The Legend.

BACA YUK:  Puskesmas di Kota Cirebon Masih Lakukan Vaksinasi COVID-19

Menurutnya, kunjungan KRI Dewaruci merupakan program dari Akademi TNI Angkatan Laut melaksanakan Prajalasesya untuk pengenalan pelayaran untuk taruna taruni tingkat II Angkatan 65 tahun 2017.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat wilayah III Cirebon yang telah mensukseskan penyambutan KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon yang menempuh dari Surabaya ke Cirebon selama dua hari dua malam,” ujarnya.

Selama berada di Kota Cirebon, masyarakat di wilayah III Cirebon diperkenankan masuk untuk melihat aktivitas, tradisi di kapal latih yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Open Ship akan dibuka dari jam 08.00 sampai 21.00 WIB tanpa dipungut biaya.

BACA YUK:  Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Dimulai, Ini Tahapannya

“Dengan kedatangan KRI Dewaruci tentunya semangat kemaritiman kita semakin tumbuh, terutama generasi muda. Semuanya punya visi maritim sesuai dengan visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagi poros Maritim Dunia,” jelasnya.

Selain itu, Direktur Grage Group, H. Bamunas S Boediman menambahkan, kami dari Grage Group selalu mendukung setiap kegiatan yang ada di Kota Cirebon, khususnya dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan Lanal Cirebon.

Katanya, animo apresiasi dari masyarakat bahwa bukan hanya untuk menarik orang kepada maritim, tetapi kedatangan KRI Dewaruci untuk pembelajaran, edukasi kepada masyarakat Kota Cirebon khususnya tentang kemaritiman.

BACA YUK:  Grage Group Gelar Upacara Kemerdekaan dan Santunan Kepada Anak Yatim, Abang Becak dan Veteran

“Saya ucapakn terima kasih kepada Komandan Lanal Cirebon yang mau bekerja sama dengan Grage Group untuk mewujudkan acara kehadiran KRI Dewaruci kebanggaan Indonesia,” tuturnya.

Ia menambahkan, saya hanya bisa membantu kegiatan-kegiatan yang mana nanti bisa mendorong secara pariwisata, dan di sisi lain bagaimana mendorong visinya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros Maratim Dunia.

“Kalau saya melihat dari sisi pariwisata, ternyata ini bisa menjadikan pariwisata untuk Kota Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.