Karang Taruna RW 06 Suradinaya Utara Sulap Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif

Cirebon,- Memanfaatkan lahan kosong, Karang Taruna yang berada di RW 06 Suradinaya Utara, Kelurahan Pekiringan, Kota Cirebon membuat gebrakan dengan menghadirkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

1. Memanfaatkan Lahan Kosong Milik Warga

Ketua RW 06 Suradinya Utara, Reyno Rudi mengatakan program KRPL yang digagas oleh rekan-rekan Karang Taruna tersebut menggunakan lahan kosong milik warga yang tidak digunakan hampir 15 tahun.

“Sebelumnya lahan ini banyak tanaman liar, kemudian kita bersihkan sampai akhirnya kita manfaatkan seperti sekarang,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (18/3/2019).

2. Dana Swadaya Masyarakat

Program KRPL ini, kata Reyno, bersama dengan pengurus RW, Karang Taruna, RT setempat dan juga dibantu oleh ibu-ibu kader PKK akhirnya bisa berjalan hingga saat ini.

BACA YUK:  Pendampingan HKI Tingkat Kecamatan di Kota Cirebon Mulai Dilakukan

Lanjut Reyno, dana yang digunakan untuk program KRPL ini menggunakan dana swadaya dari masyarakat, bahkan tenaga untuk menggarap program tersebut melibatkan rekan-rekan Karang Taruna.

“ Bahan-bahan yang digunakan juga, kita menggunakan limbah botol plastik yang dikumpulkan dari rumah-rumah warga,” terangnya.

3. Memberikan Pelatihan Kepada Masyarakat

Untuk tanaman yang ditanam dalam program KRPL berupa jenis-jenis sayuran, mulai dari selada, cabai, pakcoy, hingga kangkung.

Nanti, kata Reyno, program ini akan diluncurkan untuk masyarakat yang memiliki lahan atau pekarangan yang cukup ideal.

“Kita akan memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada 40 warga, bagaimana cara menanam yang baik dengan mendatangkan pakar pertanian,” jelasnya.

BACA YUK:  Oriental Cake & Bakery Tawarkan Wedding Cake Sesuai Selera Klien

4. Tetap Memperdayakan Masyarakat

Jenis sayur-sayuran yang dihasilkan, lanjut Reyno, kedepan akan dijual, namun dalam konteks tetap memperdayakan masyarakat.

“Artinya, kita jual bibitnya untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi menanam dengan cara rumah pangan ini,” bebernya.

“Dari pengurus RW dan Karang Taruna akan menyiapkan bibitnya. Jadi warga bisa membeli bibit atau juga sayurannya dari sini,” imbuhnya.

5. Terinsipirasi dari Kegiatan Sosial

Sementara itu, Ketua Karang Taruna RW 06 Suradinaya Utara, Hendra Kusuma menjelaskan yang melatarbelakangi diluncurkannya program KRPL ini, terinspirasi dari salah satu kegiatan sosial yang dulunya kekurangan pangan.

BACA YUK:  Wamendes PDTT Akan Usulkan Gegesik Kreatif Festival Jadi Agenda Tahunan

“Akhirnya kita mendapatkan ide untuk membuat program rumah pangan ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

Kedepan, kata Hendra, hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga, sayuran-sayuran ini akan diberikan kepada warga yang memang membutuhkan atau dapat dibeli dengan harga di bawah harga pasar.

6. Rencana Kedepan

Selain jenis-jenis sayuran, secara bertahap program KRPL di RW 06 Suradinaya Utara sudah mempersiapkan untuk budidaya lele, dan ikan hias

“Kemudian kita juga akan menanam buah-buahan,” terangnya.

“Jadi, untuk saat ini kita baru menanam sayur-sayuran. Karena prosesnya bertahap dan memang kan dananya kita masih swadaya,” tandas Hendra. (AC212)

(Dilihat: 38 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.