BI Cirebon Optimis Kopi Robusta Cibeureum Kuningan akan Meningkat

0
77
Penyerahan secara simbolis bantuan dari BI Cirebon kepada Petani Kopi Cibeureum

Kuningan,- Melihat potensi kopi di Cibeureum, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Kepala KPwBI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram menyampaikan keoptimisan tersendiri. Dia menyampaikan bahwa kedepan Kopi Cibeureum ini akan meningkat dari sisi produksi, kualitas, dan pendapatan para petani.

[Baca juga : BI Cirebon Support Para Petani Kopi Cibeureum Kuningan Untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan ]

Aston Hotel

“Saya optimis, karena program ini kedepan tidak hanya lepas di satu tahun, melainkan akan selalu dievaluasi dan akan ditingkatkan lagi,” jelasnya saat ditemui About Cirebon di sela-sela kegiatan.

Keoptimisan tersebut terlihat dari kesiapan petani dan lahan di daerah Cibeureum yang cukup luas. Bahkan Majid menilai masih ada lahan lain yang belum terjamah, dan akan berdampak bagus jika lahan tersebut digunakan untuk menanam kopi.

BI Cirebon sendiri memberikan bantuan kepada petani kopi Cibeureum berupa sarana praktek pelatihan teknis untuk kegiatan pasca panen berupa tempat penjemuran kopi. BI juga menghadirkan pakar kopi yakni Sustainable Coffee Platform Indonedia, Veronika Halim sebagai pembicara pada pelatihan dan coffee cupping di Bumi Perkemahan Cibeureum.

“Kami hadirkan pakarnya yang memberikan pelatihan dan tanya jawab bersama petani kopi Cibeureum agar mengetahui tentang produksi kopi, pengolahan, hingga pemasarannya. Sehingga kualitasnya akan meningkat, dan segi pendapatan pun akan meningkat,” paparnya.

Usai pelatihan, para petani diajak untuk coffee cupping yang merupakan pengenalan rasa atau menyajikan kopi terbaik. Dengan coffee cupping ini petani bisa merasakan olahan kopi terbaik dengan mencium aroma dan rasa kopi tersebut. Sehingga akan memperoleh nilai jual tinggi.

“Jadi petani setelah mengetahui aroma dan rasa khas pada Robusta Cibeureum, maka nantinya mereka bisa tahu kualitas kopi yang akan dipasarkan. Ini bisa menjadi nilai jual yang tinggi bagi Kopi Cibeureum,” tambahnya.

Majid mengaku daerah lainnya pun akan tertular jika Kopi Robusta Cibeureum ini sudah mengalami peningkatan yang signifikan. (AC560)