Antrean Online Mobile JKN Berikan Kepastian Layanan di Fasilitas Kesehatan

Cirebon,- BPJS Kesehatan terus melakukan optimalisasi mutu layanan melalui pengembangan teknologi dan informasi. Bersama mitra fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk kian mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses berbagai layanan kesehatan yang diperlukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Adi Darmawan, Jumat (19/4/2024).

Menurut Adi, seiring dengan perkembangan dunia digital, sistem teknologi informasi harus dapat mengubah sistem pelayanan, dari yang dulunya manual menjadi serba digital.

Sistem antrean online yang telah diimplementasikan oleh BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan yang bekerja sama, kata Adi, dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta saat mengakses berbagai layanan dalam Program JKN.

BACA YUK:  Inilah Tanggapan Sejumlah Tokoh di Cirebon Jika Abah Qomar Maju Cawalkot

“Dengan adanya implementasi antrean online yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN,bpeserta JKN cukup mengambil nomor antrean fasilitas kesehatan di mana saja,” katanya.

Melalui Aplikasi Mobile JKN, tambah Adi, peserta JKN juga dapat mengetahui kepastian waktu tunggu antrean dan layanan. Selain itu, peserta JKN dapat memperkirakan waktu kedatangan ke fasilitas kesehatan.

““Hal ini menjadikan ruang tunggu di rumah sakit juga akan terlihat lebih rapi, tertib dan tidak menumpuk, sehingga membuat pasien maupun petugas rumah sakit menjadi lebih nyaman,” ujar Adi.

BACA YUK:  Partai Golkar Dipastikan Lolos Jabat Ketua DPRD Kota Cirebon

Masih kata Adi, apabila peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan memerlukan informasi ataupun mengalami kendala di fasilitas kesehatan, Peserta JKN dapat berinteraksi dengan Petugas BPJS Satu dan Petugas Penanganan Pengaduan Rumah Sakit.

“Petugas BPJS Satu dan Petugas Penanganan Pengaduan Rumah Sakit dapat memberikan informasi serta edukasi bagi peserta JKN di Rumah Sakit, serta melakukan penanganan pengaduan peserta JKN di Rumah Sakit,” terangnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN di Rumah Sakit, tambah Adi, terdapat juga loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

BACA YUK:  Mudahkan Peserta JKN, BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

“Semoga inovasi yang terus dikembangkan dapat semakin memberikan kemudahan bagi seluruh peserta JKN dalam mengakses berbagai layanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” pungkas Adi. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *