3 Hal Ini akan Dilakukan Pemkab Cirebon untuk Kembangkan Pariwisata

0
51
Kunjungan Pj Bupati Cirebon ke Desa Sitiwinangun

Cirebon,- Penjabat (Pj) Bupati Cirebon bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdaganan Kabupaten Cirebon, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dan Muspika melakukan kunjungan ke Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Senin (14/1/2019).

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi melihat-lihat hasil kerajinan gerabah yang merupakan produk asli dari Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

Aston Hotel

“Di Kabupaten Cirebon banyak sekali produk-produk yang unik, salah satunya di Desa Sitiwinangun ini,” ujarnya usai meninjau.

1. Pengembangan Pariwisata Desa Sitiwinangun Kabupaten Cirebon

Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang gencar-gencarnya melakukan pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Cirebon, salah satunya di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Dalam kunjungannya, Dicky mengatakan bahwa Desa Sitiwinangun memiliki potesnis pariwisata yang sangat luar biasa.

“Disini (Desa Sitiwinangun) memiliki potensi untuk dijadikan lokasi kunjungan pariwisata,” bebernya.

2. Perlu Pembenahan

Untuk mewujudkan Desa Sitiwinangun sebagai destinasi pariwisata, pihaknya mengatakan perlu adanya pembenahan.

Untuk produk, kata Dicky, desa Sitiwinangun ini sudah memiliki produk yang unik yaitu kerajinan gerabah. Akan tetapi, produk saja tidak cukup untuk mewujudkan hal tersebut.

“Sehingga, diperlukan pembenahan dengan aspek 3A yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas,” terangnya.

Lanjut Dicky, dari aspek atraksi, desa Sitiwinangun sudah memiliki aspek tersebut. Namun, masih ada dua hal yang perlu diperhatikan dan menjadi tugas kami yaitu aksesibilitas dan amenitas.

Dari sisi aksesibilitas, kata Dicky, kita akan melihat pencapaian ke daerah ini, bagaimana untuk pengaturan pola lalu lintas parkir dan sebagainya.

“Dari sisi amenitas atau kenyamanan kita coba lihat, sejauh mana wisatawan nyaman,” katanya.

 

3. Akan Dibuat Rute Wisata

Pemerintah Kabupaten Cirebon akan mengembangkan aspek 3A di seluruh tempat yang memilik potensi pariwisata di Kabupaten Cirebon.

Menurut Dicky, ketiga aspek yang tersebut akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon dan bila sudah terlaksana akan dibuat paket rute wisata.

“Sehingga, jika sudah ada paket rute wisata, nanti wisatawan yang berkunjung ke Cirebon diwajibkan berkunjung di beberapa daerah wisata, seperti Desa Sitiwinangun ini,” bebernya. (AC212)