Tari Topeng Cirebon Curi Perhatian Warga Yunani

Jakarta, 13 September 2016,- Kesenian Cirebon yang dibawakan kelompok seni Yayasan Prima Ardian Tana dari Cirebon yang menampilkan tiga tarian yaitu Nyimas Gandasari, Topeng Kelana, dan Tayuban serta pertunjukan Sintren mencuri perhatian wisatawan mancanegara di kota wisata Yunani, Santorini.

KBRI Athena bekerja sama dengan Municipality of Thira, Santorini, untuk pertama kalinya, menggelar malam budaya Indonesia di salah satu kawasan wisata utama Santorini, Metropolis Fira, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena John Admiral, Selasa (13/09/2016).

Dari siaran pers yang diterima AboutCirebon, pagelaran budaya Indonesia dihadiri Vice Mayor Thira Santorini, Markos Kafouros, bersama ratusan wisatawan mancanegara dan masyarakat kota Thira yang menyaksikan penampilan tarian dan budaya Cirebon.

BACA YUK:  Dian Novitasari Siap Majukan Demokrat Kota Cirebon

Pagelaran diawali dengan alunan musik tradisional Cirebon dan diikuti rangkaian tarian tepat pada pukul 20.00 setelah matahari terbenam. Alunan musik yang menarik dan gerakan tarian yang dinamis mencuri perhatian wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Metropolis Fira.

Salah satu seniman Cirebon, Inu Kertapati Asal Desa Slangit Klangenan mengaku bangga bisa membawakan kesenian Cirebon di Negeri para Dewa ini. “Alhamdulillah, bangga tari topeng manggung di Yunani. Sekarang sedang bersama pak dubes dan istri,” ujar Inu kepada AboutCirebon.

BACA YUK:  Pendampingan HKI Tingkat Kecamatan di Kota Cirebon Mulai Dilakukan

Pagelaran budaya ini dijadikan program kebudayaan Municipality Thira sehingga mendapatkan dukungan dan diizinkan untuk digelar di Metropolis Fira. Adanya sambutan penonton dan masyarakat Thira, Municipality Thira mengharapkan agar kerja sama kebudayaan dengan KBRI Athena dapat terus berlanjut.( AC250)

(Dilihat: 24 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.