Selasa, 21 Januari 2020

Sungai Meluap, Ratusan Rumah Warga di RW 03 Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon Terendam Banjir

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Cirebon Dilalap Si Jago Merah

Cirebon,- Kebakaran hebat melanda gudang penyimpanan popok bayi di Jalan Buyut Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan...

Terdakwa Pembunuhan Santri di Cirebon Divonis 13 Tahun dan 10 Tahun, Serta Denda Rp. 1 Milyar

Cirebon,- Masih ingat dengan penusukan salah seorang santri yang terjadi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, pada bulan...

Cirebon,- Ratusan rumah di RT 7 RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon terendam banjir setinggi 50 sampai 100 cm, Senin (13/1/2020) malam.

Banjir yang menggenangi rumah warga di daerah tersebut karena diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama dua jam lebih, sehingga aliran sungai Cikalong yang berada di Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon meluap.

Pantauan About Cirebon di lokasi, warga yang rumahnya terendam banjir langsung mengungsi ke rumah warga yang tidak terendam banjir. Pada saat itu juga, Wali Kota Cirebon bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon langsung meninjau lokasi yang terendam banjir cukup parah.

Bahkan perahu karet diterjunkan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir.

Loading...

Ketua RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Saiko mengatakan hujan sudah mulai turun sekitar pukul 17.30 WIB dan kejadian banjir sering terjadi setiap tahun di RW 03 Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis saat meninjau lokasi banjir.

“Banjir seperti ini sudah sering terjadi setiap tahun, tapi tahun ini mending tidak seperti tahun lalu,” ujarnya kepada About Cirebon.

Banjir yang terjadi di RW 03 Kelurahan Kalijaga, kata Saiko, mencapai 1,5 meter. Penyebabnya karena meluapnya air sungai yang ada di daerah Kalijaga.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis saat meninjau lokasi banjir di RW 03 Kelurahan Kalijaga mengatakan bahwa luapan air dari Sungai Cikalong sudah mulai naik dari pukul 17.00 WIB laporan Satpol PP dan BPBD Kota Cirebon.

“Air sudah mulai naik dari pukul lima dan Satpol PP serta BPBD Kota Cirebon sudah mulai turun. Sehingga, kami cepat tanggap,” ujarnya kepada About Cirebon.

“Jadi, peralatan-peralatan untuk mengatasi pertolongan pertama sudah mulai diturunkan sejak sore hari,” tambahnya.

Menurut Azis, di Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon berdasarkan laporan ada sekitar dua kelurahan yang terendam banjir. Namun, yang paling parah ada di RW 03 Kelurahan Kalijaga.

“Di Kelurahan Kalijaga paling banyak yang terdampak banjir, karena memang daerah Kelurahan Kalijaga banyak dialiri sungai yang menuju ke arah hilir,” terangnya.

Mengenai jumlah rumah yang terdampak banjir, pihaknya belum mendata secara pasti jumlah rumah warga yang terdampak banjir. Namun diperkirakan ada ratusan rumah yang terendam banjir.

“Untuk jumlahnya kita belum bisa menghitung, tapi sekitar ratusan rumah. Rata-rata tinggi air mencapai 50 sampai 100 cm,” jelas Azis.

“Alhamdulillah tidak ada korban, bahkan orang tua yang sedang sakit, hingga anak-anak berhasil kita evakuasi,” imbuhnya.

Sementara ini, kata Azis, warga yang rumahnya terendam banjir mengungsi di rumah salah satu warga yang memang rumahnya tidak terendam banjir. Namun, Pemerintah Daerah malam ini langsung mendirikan tenda di RW 03.

“Malam ini juga tenda dari BPBD Kota Cirebon langsung didirikan di RW 03. Tenda dengan ukuran 12x6M dengan tinggi 4 M,” kata Azis.

Tenda ini menurut Azis bisa dipergunakan untuk warga, minimal besok pagi pada saat membersihkan rumah, keluarga lainnya bisa ditampung di tenda tersebut.

“Kami Pemerintah Daerah bisa dengan mudah mengirimkan logistik untuk pertolongan pertama tersebut di tenda,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Perumahan Gamel Terendam

Cirebon,- Hujan dengan intensitas tinggi lebih dari tiga jam mengakibatkan sungai Sikenanga meluap yang mengakibatkan seratusan rumah di Perumahan Cahaya Permai blok A-H, Desa...

Pemerintah Daerah Kota Cirebon Gelar Ratas Rumpun, Ini yang Dibahas

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus melakukukan koordinasi dengan dinas-dinas melalui Rapat Terbatas (Ratas) untuk memantau kendala dan mengatasinya. Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh...

Miliki Keahlian Karate, Perampok Ini Minta Ampun Kepada Korban

Cirebon,- Seorang perampok menyatroni rumah anggota Polisi Polda Jawa Barat di Dusun I, Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Senin (20/1/2020) pagi sekitar pukul...

Opening Kabobs di Grage City Mall Hadirkan Charly Van Houten dan Firman Siagian

Cirebon,- Kabobs kembali membuka gerainya di Kota Cirebon. Terhitung mulai Sabtu (18/1/2020), Kabobs Premium Kebab kembali membuka di Grage City Mall, Jaln Jend. A....

More Articles Like This