STF Muhammadiyah Cirebon Pilihan Cerdas Generasi Muda Meraih Prestasi

Cirebon,- Sekolah Tinggi Farmasi (STF) Muhammadiyah Cirebon yang berlokasi di Jalan Cideng Indah No. 3 Kertawinangun, Kabupaten Cirebon merupakan transformasi berkemajuan dari Akademi Farmasi Muhammadiyah Cirebon.

Berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Indonesia No 564/KPT/I/2017 tanggal 7 Oktober 2017, maka dari Akademi Farmasi berubah menjadi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon.

Dengan perubahan bentuk tersebut, maka STF Muhammadiyah Cirebon mempunyai dua program studi yaitu program D3 Farmasi dan program studi S1 Farmasi.

Iin Indawati, M.Farm., Apt., selaku ​Wakil I STF Muhammadiyah Cirebon mengatakan STF Muhammadiyah memiliki visi yakni menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dan berdaya saing di tingkat nasional tahun 2029 Berdasarkan Nilai-Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyah.

Menyadang nama besar Muhammadiyah yang selalu amanah dan terpercaya di bidang Pendidikan, selalu amanah dan terpercaya mengelola Pendidikan khususnya kefarmasian.

“Maka tidak heran bila AKFAR Muhammadiyah yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor : HK.00.06.1.3.2984, tanggal 14 September 1999 merupakan Akademi Farmasi pertama di Jawa Barat,” ujar Iin.

BACA YUK:  Info Loker : Kekinian Group

Pada tahun 2020, menurut Iin, STF Muhammadiyah Cirebon telah meluluskan 20 angkatan dan telah mengabdikan ilmunya di seluruh Indonesia. Masa tunggu lulusan kurang dari 6 bulan sudah terserap di berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

“Lulusan juga berkiprah sebagai pharmapreuner yang mampu menangkap peluang dalam bidang kefarmasian. Insya Allah Prodi S-1 akan meluluskan Angkatan pertamanya pada bulan Agustus 2021,” ungkapnya.

“Walaupun belum lulus, tetapi ada salah satu mahasiswa nya telah dipercaya menjadi Wakasek Kesiswaan di salah satu Pesantren di Kabupaten Cirebon,” tambah Iin.

Menurut Iin, Prodi S1 maupun D3 telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri PT Kesehatan . Surat Keputusan Prodi D-3 Farmasi tertuang pada SK No: 0757/LAM-PTKes/Akr/Dp/XII/2017 TERAKREDITASI DENGAN PERINGKAT B.

BACA YUK:  Jadwal SIM Mobile Drive Thru Kabupaten Cirebon, 18 – 23 Juli 2022

STF Muhammadiyah yang memiliki moto Competent , Islamic, Integrity and Smart (CIIS) terimplementasi dalam kegiatan catur dharma Perguruan tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat serta Al Islam dan kemuhammadiyahan. Pendidikan dengan konsep holistik integrative pada prodi D3 dengan konsep Contextual Teaching Learning dan Pada S-1 dengan pendekatan Problem Base Learning.

“Pembelajaran diasuh oleh dosen yang memiliki kualitas maupun kuantitas sesuai dengan standar nasional Pendidikan tinggi,” jelasnya.

Sarana pembelajaran di STF Muhammadiyah, didukung dengan Gedung yang representative, sarana olah raga, serta sarana prasarana laboratorium yang lengkap. Mulai dari laboratorium Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Mikrobiologi, Kimia Farmasi, Farmakognosi, Fitokimia, farmakologi yang dilengkapi dengan peralatan dan instrument yang mendukung tercapainya kompetensi lulusan.

Selain itu, STF Muhammadiyah telah ​bekerja sama dengan Rumah Sakit di Wilayah III Cirebon, Industri Farmasi LAFIAU, LAFIAD, Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Cirebon, BNN Kota Cirebon. Bahkan telah tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi(APDFI) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Muhammadiyah, Bekerja sama dengan Lincoln University College dan Management and Science University Malaysia.​

BACA YUK:  Goweser Jakarta Cicipi Menu Sultan di Limerr Resto & Resort Kuningan

Pendidikan adalah proses perjalanan panjang yang menyiapkan generasi muda siap menerima estafet kepemimpinan, memberikan kiprah terbaik di masyarakat, mampu mandiri dan mengimplementasikan nilai-nilai qurani, kebangsaan dan kemasyarakatan.

STF Muhammadiyah Cirebon bersinergi dengan masyarakat, pemerintah dan dunia usaha menjadi pilihan tepat untuk generasi muda yang bercita-cita menjadi professional di bidang farmasi.​

Saat ini, STM Muhammadiyah Cirebon sedang membuka pendaftaran gelombang 1 dari tanggal 11 Januari – 27 Mei 2021. Dan Jalur Prestasi dari tanggal 11 Januari – 6 Mei 2021.

Untuk Info selengkapnya stfmuhammadiyahcirebon.ac.id/spmb atau hubungi admin melalui chat whatsapp 087728987474. Tata cara pendaftaran bisa melalui stfmuhammadiyahcirebon.ac.id/prosedur. (AC212)

(Dilihat: 220 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.