Layanan Rail Express di Daop 3 Cirebon Diminati UMKM

Cirebon,- Sejak di kelola sendiri sejak Aprli 2019, layanan Rail Express yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai banyak diminati masyarakat.

Apalagi, sejak awal Pandemi Covid-19 layanan Rail Express tetap melayani pengiriman ke berbagai daerah. Untuk di wilayah Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon, sepanjang tahun 2020 sudah mengangkut sebanyak 2.379 ton.

“Masyarakat yang menggunakan layanan Rail Express di Wilayah Daop 3 Cirebon dari bulan Januari sampai saat ini tercatat 2.379 ton yang diangkut oleh layanan Rail Express,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif kepada About Cirebon, Senin (19/10/2020).

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru Vinotel Hotel Bulan April 2023

Menurut Luqman, banyak komoditi yang diangkut menggunakan layanan Rail Express, baik dari perorangan maupun para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

“Banyak UMKM yang menggunakan layanan Rail Express ini, karena secara tarif dibanding dengan kompetitor lain menurut mereka lebih murah dan efesien,” ungkapnya.

Layanan Rail Express juga, tambah Luqman, tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, seperti menyemprotkan disinfektan terhadap baranga-barang yang akan dikirim.

“Untuk tarif, Rail Express menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan, pengiriman barang dapat dilayani di seluruh wilayah rel kereta api di Pulau Jawa,” kata Luqman.

BACA YUK:  Tekan Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 3 Cirebon Sosialisasi di Perlintasan Rel Kesambi

Untuk di wilayah Daop 3 Cirebon, tambah Luqman, ada tiga stasiun yang melayani layanan Rail Express, yaitu Stasiun Cirebon Kejaksan, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Jatibarang.

“Pada bulan November mendatang akan ada dua stasiun lagi yang akan melayani layanan ini, yaitu di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes,” jelasnya.

Luqman berharap dengan penambahan layanan tersebut, semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan layanan Rail Express.

“Karena secara tarif, layanan Rail Express ini relatif lebih murah, higienis, dan cepat,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Gapeka 2023 Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Perjalanan KA Cirebon - Gambir Lebih Cepat

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *