Sekda Kota Cirebon Tinjau Pelaksanaan UNBK Hari Pertama

0
39

Cirebon,- Sekretaris Daerah (Sekda) bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon meninjau pelaksanaan UNBK (Ujuan Nasional Berbasis Komputer) di SMPN 1 Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Senin (22/4/2019) siang.

1. Pastikan Berjalan Lancar

Aston Hotel

Sekda beserta rombongan saat tiba di SMPN 1 Kota Cirebon langsung meninjau ruangan yang dijadikan tempat pelaksanaan UNBK hari pertama tingkat SMP.

Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi mengatakan peninjauan pelaksanaan UNBK ini untuk memastikan pelaksanaan berjalan lancar dan baik.

“Alhamdulillah hari pertama semua berjalan dengan lancar, semua peserta bisa mengikuti,” ujar Asep usai memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kota Cirebon.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Lanjut Asep, kehadirannya meninjau pelaksaanan UNBK ini untuk memastikan para peserta nyaman, ruangannya dilengkapi dengan pendingin ruangan.

“Suasana juga nyaman untuk mereka mengikuti pelaksanaannya dan Alhamdulillah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

2. Sudah Berbasis Komputer

Lanjut Asep, SMPN 1 Kota Cirebon pelaksanaan UNBK ini dibagi menjadi tiga sesi. Bahkan, pelaksanaan UNBK menyiapkan juga tenaga teknis beserta genset yang dijaga oleh tenaga teknisnya.

Disamping itu, kata Asep, untuk sekolah yang belum bisa melaksanakan secara mandiri, bisa berjalan bertahap kedepannya.

“Terutama untuk sarananya yang perlu disiapkan, seperti komputernya yang harus standar,” terangnya.

“Untuk SMP di Kota Cirebon, semuanya sudah berbasis komputer, tidak ada lagi yang berbasis kertas,” imbuhnya.

3. Peserta UNBK

Sementara itu, Jaja Sulaeiman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon menjelaskan jumlah siswa SMP di Kota Cirebon yang mengikuti UNBK sebanyak 6.349 siswa dan MTS 1.026 siswa.

“Jadi jumlah siswa SMP di Kota Cirebon yang mengikuti UNBK sebanyak 7.375 siswa,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut Jaja, dari penyelenggara ada 47 sekolah SMP dan 12 sekolah MTS. Dari total penyelenaggara, ada sekolah yang menyelenggarakan secara mandiri sebanyak 23 sekolah SMP dan 9 sekolah MTS.

“Namun yang masih menginduk ada 23 sekolah SMP dan MTS ada 3 sekolah,” bebernya.

4. UNBK Susulan

Untuk peserta yang tidak bisa mengikuti UNBK tingkat SMP dan MTS, kata Jaja, akan diadakan susulan pada hari Senin mendatang.

“Yang tidak berangkat, nanti ikut susulan senin depan,” terang Jaja.

Namun, lanjut Jaja, untuk hari pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMP dan MTS di Kota Cirebon belum ada laporan yang tidak berangkat.

“Namun, hari ini mulai kita data dan mudah-mudahan bisa tercover yang ikut susulan berapa siswa,” tandasnya. (AC212)