Rabu, 3 Juni 2020

Komisaris dan Dirut PT. KAI Tinjau Persiapan Masa Angkutan Lebaran 2019 di Stasiun Cirebon

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Pasar Sumber Ditutup, Pedagang Rela Demi Kesehatan Bersama

Cirebon,- Setelah ditemukan pedagang pasar sumber yang terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon menutup sementara operasional pasar selama...

Cirebon,- Menjelang angkutan Lebaran 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa menggunakan kereta khusus, yaitu KA Inspeksi selama tiga hari mulai tanggal 23 – 25 April 2019.

Pada siang hari ini, Selasa, 23 April 2019, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro beserta rombongan KA inspeksi singgah di Kota Cirebon untuk meninjau kesiapan Stasiun Cirebon dalam menghadapi masa angkutan lebaran tahun 2019.

Dalam peninjauan tersebut turut hadir Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri beserta jajarannya, Ketua Komite Nasional Keselamatan Nasional Soerjanto Tjahjono beserta jajarannya, jajaran Komisaris dan Direksi KAI, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Loading...

1. Kesiapan Angkutan Lebaran

Pada inspeksinya di Stasiun Cirebon, Edi Sukmoro meninjau berbagai fasilitas pelayanan penumpang, serta melihat langsung situasi dan kondisi Stasiun Cirebon.

Tak hanya meninjau kesiapan, Edi Sukmoro beserta rombongan juga berkesempatan melaksanakan sharing session bersama para pegawai PT. Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon.

“Kegiatan inspeksi ini untuk melihat sejauh mana kesiapan moda kereta api dalam menghadapi angkutan Lebaran tahun ini,” ujar Edi kepada awak media, Selasa (23/4/2019).

Mulai dari kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga SDM KAI, lanjut Edi, harus benar – benar dipastikan siap dalam melayani penumpang pada masa angkutan lebaran 2019 nanti.

“Saya meminta kepada seluruh pegawai KAI agar memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, khususnya selama momen Lebaran 2019,” ungkap Edi.

2. Titik Rawan

Tidak hanya itu, dalam perjalanan inspeksi, rombongan PT. KAi juga melakukan identifikasi akan titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra, mengingat arus perjalanan kereta api semakin banyak saat momen Lebaran 2019.

“Titik rawan yang dimaksud dapat berupa daerah rawan banjir, tanah longsor, hingga pelemparan dan vandalisme,” terang Edi.

Edi menambahkan, pihaknya akan menyiagakan Petugas Pemeriksa Jalur tambahan, Penjaga Jalan Lintasan Tambahan, serta Petugas Pengamanan tambahan yang bekerjasama dengan TNI-Polri.

“KAI juga menyediakan alat serta material yang ditempatkan di titik – titik tertentu sehingga jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan,” jelasnya.

3. Masa Angkutan Lebaran

Peninjauan masa angkutan lebaran, PT. KAI menjalankan dua KA Inspeksi, yang perjalanan keduanya dimulai dari Stasiun Gambir.

Yang pertama adalah KA Inspeksi Generasi 2, menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, hingga Stasiun Banyuwangi melalui jalur Lintas Utara Jawa.

Sedangkan Lintas Selatan Jawa akan menggunakan KA Inspeksi Generasi 3 yang akan menuju Stasiun Bandung, Purwokerto, Semarang Tawang, Malang hingga Stasiun Surabaya Gubeng.

Tahun ini, kata Edi, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019.

“PT KAI menyiapkan 406 perjalanan selama angkutan Lebaran 2019. Angka tersebut sudah termasuk 50 perjalanan KA Lebaran Tambahan,” jelasnya.

Melalui persiapan yang matang, Edi berharap moda transportasi KA selama masa angkutan lebaran 2019 ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lanjut PSBB Jilid III , Pemerintah Kota Cirebon Gencarkan Pemeriksaan Tes Swab

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di Kota Cirebon berakhir tanggal 2 Juni 2020.Pemerintah Daerah Kota Cirebon...

Oasis Poolside Aston Cirebon Kembali Dibuka

Cirebon,- Oasis Poolside Aston Cirebon akan kembali beroperasi untuk mengobati kerinduan para pecinta kuliner di Cirebon.Menurut Asst PR Manager Aston Cirebon, Litania Putri Utami,...

2.375 Calon Jamaah Haji di Kabupaten Cirebon Batal Berangkat

Cirebon,- Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Cirebon dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2020.Karena Pandemi Covid-19, sampai saat ini Pemerintah...

Satu Pedagang Positif Covid-19, Tiga Pasar di Pabuaran Ditutup Sementara Selama Tiga Hari

Cirebon,- Sebagai tindak lanjut adanya salah satu pedagang di Pasar Pabuaran, Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai mengikuti tes swab massal, 3 pasar...

Selama Pandemi Covid-19, Dokter Yasmin Dermawan Tangani 1.500 Pasien dalam Sebulan

Cirebon,- Selama Pandemi Covid-19, angka kehamilan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda yang terletak di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon mengalami peningkatan.Peningkatan...

More Articles Like This