Saat Gerhana Bulan Terjadi, Ini Kegiatan yang Disiapkan Masjid At-Taqwa Cirebon

Jakarta – Menyambut peristiwa gerhana bulan total yang akan terjadi pada 31 Januari 2018, umat Islam diimbau untuk menggelar shalat sunah gerhana bulan secara berjamaah.

Dalam rilis yang dikeluarkan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, menghimbau umat muslim di seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat gerhana bulan (shalat khusuf).

“Melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, dan dianjurkan (Sunnah Muakkadah) untuk bertakbir terlebih dulu,” dalam rilis yang diterima About Cirebon, Senin (29/1/2018).

BACA YUK:  Warga Gembira Motor yang Hilang Ditemukan Kembali

Pemerintah juga menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak amalan zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. Selain itu, umat muslim dihimbau berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

Sementara, Pihak Islamic Centre dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Taqwa Kota Cirebon menggelar sejumlah agenda pada malam terjadinya gerhana bulan langka, Rabu (31/1/2018).

Selain melaksanakan shalat gerhana bulan. Di Alun-alun Kejaksan juga direncanakan ada sejumlah teleskop sebagai alat pengamatan.

Adapun shalat gerhana ini akan dipimpin Ust. H. Fathurohman al Hafidz dan Khotbah dibawakan oleh Ust.H.M Utsmani hs, MHI. Shalat gerhana rencananya akan digelar usai shalat Isya. (AC350)

(Dilihat: 14 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.