Polres Cirebon Jamin Arus Mudik Lebaran di Jalur Pasar Tegalgubug Lancar

Cirebon,- Jelang arus mudik lebaran tahun 2019, jajaran Polres Cirebon melakukan pengecekan jalur dan titik keramaiannya yang dapat menggangu arus mudik lebaran.

1. Jamin Lancar

Pengecekan jalur tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon, AKBP. Suhermanto, DirBinmas Polda Jawa Barat, beserta para PJU Polres Cirebon, yang diawali dengan pengecekan di Pasar Tegalgubug, Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon, AKBP Suhermato menjamin jalur arus mudik berjalan lancar, terutama di jalur-jalur yang nantinya diperhitungkan atau berdasarkan analisa dan evaluasi terjadi kemacetan, salah satunya pasar tumpah Tegalgubug.

“Disini, kita sudah melakukan koordinasi dengan kepala pasar bahwa untuk H-7 lebaran, pedagang-pedagang yang berjualan di Pasar Tegalgubug sudah clear,” ujarnya kepada awak media.

BACA YUK:  Rangkaian HUT ke-8, RSIA Cahaya Bunda Cirebon Gelar Donor Darah

“Begitu juga dengan para tukang becak sudah clear,” imbuhnya.

Mengenai kompensasi kepada tukang becak, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan kompensasi kepada tukang-tukang becak.

2. Sepakat H7 Lebaran

Berdasarkan rapat hasil lintas sektoral, kata Suhermanto, seluruhnya sepakat pada H-7 Lebaran semua pasar sudah clear, seperti tahun-tahun sebelumnya juga demikian.

“Tahun lalu 2018 juga, kita lakukan kesepakatan bersama dan pada pelaksanaannya juga sudah disepakati oleh kepala pasar serta juga para pedagang,” bebernya.

Menurutnya, para pedagang Tegalgubug ini nantinya akan ditarik masuk kedalam pasar, sehingga tidak ada pedagang yang meluber ke pinggir jalan yang dapat menggangu arus mudik dan balik.

3. Menutup U Turn

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Dorong Dispusip Kota Cirebon, Pengelolaan Kearsipan dengan Digital

Terkait di jalur Pasar Tegalgubug sendiri terdapat beberapa U Turn atau putar balik, pihaknya akan menutup agar tidak terjadi yang mengakibatkan kemacetan.

“Untuk petugas yang akan di tempatkan, kita akan membuat pagar betis dengan melibatkan personil yang cukup banyak di pasar Tegalgubug untuk mengantisipasi adanya crowded di sekitar pasar,” jelasnya.

“Insyaalah, kami jamin arus mudik di sekitar pasar Tegalgubug akan berjalan lancar,” tambah Suhermanto.

Mengenai material yang akan menutup U Turn di daerah sekitar pasar Tegalgubug, pihaknya akan menutup dengan berril beton yang sudah disiapkan.

“Fungsi berril beton ini agar masyarakat tidak bisa memindahkan berril saat dilakukan penutupan,” tegasnya.

4. Cek Kesiapan Jalur Mudik

Selain memantau jalur arus mudik dan balik di wilayah Pasar Tegalgubug, Polres Cirebon juga memantau beberapa titik simpul kemacetan lainnya seperti di Pasar Gebang, Pasar Losari, hingga Rest Area Tol Pejagan Ciledug.

BACA YUK:  Serap Aspirasi dari Masyarakat Saat Reses, Ahmad Syauqi akan Tindaklanjuti

Tak hanya itu, Kapolres Cirebon juga memastikan kesiapakan pos-pos pengaman di sekitar jalur mudik baik di jalur pantura dan juga jalur tol.

5. Ribuan Pedagang

Sementara itu, Kepala Pasar Tegalgubug, Khoeron menjelaskan bahwa pedagang yang berada di pinggir jalan pasar Tegalgubug bisa mencapai 500 pedagang yang terbentang kurang dari 1 KM di jalaur arteri.

“Sedangkan kalau dari angka  kios sendiri yang berada di luar dan dalam pasar bisa mencapai 5 ribu, kalau pedagangnya sendiri kurang lebih ada 10 ribu pedagang,” singkatnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *