Jumat, 20 September 2019

Polres Cirebon Jamin Arus Mudik Lebaran di Jalur Pasar Tegalgubug Lancar

Populer

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Festival Budaya Cirebon

Cirebon,- Festival Budaya Cirebon (Nadran Gunung Jati) yang berlangsung di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2010). Ribuan...

Gadis Asal Cirebon yang Masuk The Voice of Germany 2019 Sudah Memiliki Bakat Sejak Balita

Cirebon,- Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman yakni The Voice of Germany 2019 merupakan gadis...

Ini Tanggapan Pihak Sekolah dan Adik Kelas Claudia yang Masuk The Voice of Germany 2019

Cirebon,- Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman The Voice of Germany 2019...

Plt Bupati Cirebon: Katon Tourism Expo 2019 Bisa Memberikan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Cirebon,- Katon Tourism Expo 2019 resmi dibuka oleh Plt Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, Kamis (12/9/2019).Acara yang berlangsung...

Navy Open Tournament 2019 Bisa Meningkatkan Pariwisata Laut Cirebon

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai wilayah di Jawa Barat, hingga Surabaya dan Jakarta ikut serta dalam Navy Open Tournament...

Cirebon,- Jelang arus mudik lebaran tahun 2019, jajaran Polres Cirebon melakukan pengecekan jalur dan titik keramaiannya yang dapat menggangu arus mudik lebaran.

1. Jamin Lancar

Pengecekan jalur tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon, AKBP. Suhermanto, DirBinmas Polda Jawa Barat, beserta para PJU Polres Cirebon, yang diawali dengan pengecekan di Pasar Tegalgubug, Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon, AKBP Suhermato menjamin jalur arus mudik berjalan lancar, terutama di jalur-jalur yang nantinya diperhitungkan atau berdasarkan analisa dan evaluasi terjadi kemacetan, salah satunya pasar tumpah Tegalgubug.

“Disini, kita sudah melakukan koordinasi dengan kepala pasar bahwa untuk H-7 lebaran, pedagang-pedagang yang berjualan di Pasar Tegalgubug sudah clear,” ujarnya kepada awak media.

“Begitu juga dengan para tukang becak sudah clear,” imbuhnya.

Mengenai kompensasi kepada tukang becak, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan kompensasi kepada tukang-tukang becak.

2. Sepakat H7 Lebaran

Berdasarkan rapat hasil lintas sektoral, kata Suhermanto, seluruhnya sepakat pada H-7 Lebaran semua pasar sudah clear, seperti tahun-tahun sebelumnya juga demikian.

“Tahun lalu 2018 juga, kita lakukan kesepakatan bersama dan pada pelaksanaannya juga sudah disepakati oleh kepala pasar serta juga para pedagang,” bebernya.

Menurutnya, para pedagang Tegalgubug ini nantinya akan ditarik masuk kedalam pasar, sehingga tidak ada pedagang yang meluber ke pinggir jalan yang dapat menggangu arus mudik dan balik.

3. Menutup U Turn

Terkait di jalur Pasar Tegalgubug sendiri terdapat beberapa U Turn atau putar balik, pihaknya akan menutup agar tidak terjadi yang mengakibatkan kemacetan.

“Untuk petugas yang akan di tempatkan, kita akan membuat pagar betis dengan melibatkan personil yang cukup banyak di pasar Tegalgubug untuk mengantisipasi adanya crowded di sekitar pasar,” jelasnya.

“Insyaalah, kami jamin arus mudik di sekitar pasar Tegalgubug akan berjalan lancar,” tambah Suhermanto.

Mengenai material yang akan menutup U Turn di daerah sekitar pasar Tegalgubug, pihaknya akan menutup dengan berril beton yang sudah disiapkan.

“Fungsi berril beton ini agar masyarakat tidak bisa memindahkan berril saat dilakukan penutupan,” tegasnya.

4. Cek Kesiapan Jalur Mudik

Selain memantau jalur arus mudik dan balik di wilayah Pasar Tegalgubug, Polres Cirebon juga memantau beberapa titik simpul kemacetan lainnya seperti di Pasar Gebang, Pasar Losari, hingga Rest Area Tol Pejagan Ciledug.

Tak hanya itu, Kapolres Cirebon juga memastikan kesiapakan pos-pos pengaman di sekitar jalur mudik baik di jalur pantura dan juga jalur tol.

5. Ribuan Pedagang

Sementara itu, Kepala Pasar Tegalgubug, Khoeron menjelaskan bahwa pedagang yang berada di pinggir jalan pasar Tegalgubug bisa mencapai 500 pedagang yang terbentang kurang dari 1 KM di jalaur arteri.

“Sedangkan kalau dari angka  kios sendiri yang berada di luar dan dalam pasar bisa mencapai 5 ribu, kalau pedagangnya sendiri kurang lebih ada 10 ribu pedagang,” singkatnya. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Luncurkan Aplikasi DIGI X Absensi Digital Berbasis Mobile

Tasikmalaya,- Telkomsel terus berkomitmen dalam mengembangkan ekosistem digital di bidang pendidikan. Sebagai upaya mewujudkan komitmen tersebut, Telkomsel menghadirkan aplikasi...

64 Peserta dari Berbagai Daerah Ikuti CSB Billiard Tournament Seri #3

Cirebon,- CSB Mall dengan konsep sportaimentnya kembali menghadirkan CSB Billiard Tournament seri #3 yang diselenggarakan sejak 16 sampai 22 September 2019 di Atrium CSB...

Sembilan Bayi Lahir Tepat di Tanggal 19-9-19 di RSIA Cahaya Bunda

Cirebon,- Sembilan bayi dari sembilan pasangan suami istri melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda, Kota Cirebon bertepatan di tanggal cantik, Kamis...

A.I.O Store, Pusat AC Pertama Dengan Belasan Brand Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Pusat Air Conditioning (AC) A.I.O All In One Store melakukan Grand Opening sebagai penanda dibukanya toko AC di Kota Cirebon, Kamis (19/9/2019). Toko pusat...

Meriahkan Hari Jadi Cirebon ke-650, Jurnalis Cirebon Beradu Membuat dan Membaca Puisi

Cirebon,- Dalam ranga rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar lomba jurnalis berpuisi yang diikuti oleh teman-teman media di Cirebon baik...

More Articles Like This