Kamis, 21 Oktober 2021

Polres Cirebon Jamin Arus Mudik Lebaran di Jalur Pasar Tegalgubug Lancar

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Rampung 100%, Siap Dioperasikan

Majalengka,- Pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung. Akses ini terhubung langsung dengan jalan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Unjuk Rasa di Jalan Siliwangi, Walikota Cirebon Ajak Audensi

Cirebon,- Dua kelompok organisasi masyarakat/LSM melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (14/10/2021). Dua kelompok tersebut...

104 Pejabat di Lingkungan Kabupaten Cirebon Dilantik

Cirebon,- Sebanyak 104 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon di rotasi dan mutasi. Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati...

Cirebon,- Jelang arus mudik lebaran tahun 2019, jajaran Polres Cirebon melakukan pengecekan jalur dan titik keramaiannya yang dapat menggangu arus mudik lebaran.

1. Jamin Lancar

Pengecekan jalur tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon, AKBP. Suhermanto, DirBinmas Polda Jawa Barat, beserta para PJU Polres Cirebon, yang diawali dengan pengecekan di Pasar Tegalgubug, Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/5/2019).

Loading...

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon, AKBP Suhermato menjamin jalur arus mudik berjalan lancar, terutama di jalur-jalur yang nantinya diperhitungkan atau berdasarkan analisa dan evaluasi terjadi kemacetan, salah satunya pasar tumpah Tegalgubug.

“Disini, kita sudah melakukan koordinasi dengan kepala pasar bahwa untuk H-7 lebaran, pedagang-pedagang yang berjualan di Pasar Tegalgubug sudah clear,” ujarnya kepada awak media.

“Begitu juga dengan para tukang becak sudah clear,” imbuhnya.

BACA YUK:  Tingkatkan Kesiapan Saat Tugas, Propam Polresta Cirebon Periksa Personel

Mengenai kompensasi kepada tukang becak, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan kompensasi kepada tukang-tukang becak.

2. Sepakat H7 Lebaran

Berdasarkan rapat hasil lintas sektoral, kata Suhermanto, seluruhnya sepakat pada H-7 Lebaran semua pasar sudah clear, seperti tahun-tahun sebelumnya juga demikian.

“Tahun lalu 2018 juga, kita lakukan kesepakatan bersama dan pada pelaksanaannya juga sudah disepakati oleh kepala pasar serta juga para pedagang,” bebernya.

Menurutnya, para pedagang Tegalgubug ini nantinya akan ditarik masuk kedalam pasar, sehingga tidak ada pedagang yang meluber ke pinggir jalan yang dapat menggangu arus mudik dan balik.

3. Menutup U Turn

Terkait di jalur Pasar Tegalgubug sendiri terdapat beberapa U Turn atau putar balik, pihaknya akan menutup agar tidak terjadi yang mengakibatkan kemacetan.

“Untuk petugas yang akan di tempatkan, kita akan membuat pagar betis dengan melibatkan personil yang cukup banyak di pasar Tegalgubug untuk mengantisipasi adanya crowded di sekitar pasar,” jelasnya.

BACA YUK:  Program Desa Ramah Perempuan dan Desa Peduli Anak Harus Didukung Langkah Progresif

“Insyaalah, kami jamin arus mudik di sekitar pasar Tegalgubug akan berjalan lancar,” tambah Suhermanto.

Mengenai material yang akan menutup U Turn di daerah sekitar pasar Tegalgubug, pihaknya akan menutup dengan berril beton yang sudah disiapkan.

“Fungsi berril beton ini agar masyarakat tidak bisa memindahkan berril saat dilakukan penutupan,” tegasnya.

4. Cek Kesiapan Jalur Mudik

Selain memantau jalur arus mudik dan balik di wilayah Pasar Tegalgubug, Polres Cirebon juga memantau beberapa titik simpul kemacetan lainnya seperti di Pasar Gebang, Pasar Losari, hingga Rest Area Tol Pejagan Ciledug.

Tak hanya itu, Kapolres Cirebon juga memastikan kesiapakan pos-pos pengaman di sekitar jalur mudik baik di jalur pantura dan juga jalur tol.

5. Ribuan Pedagang

Sementara itu, Kepala Pasar Tegalgubug, Khoeron menjelaskan bahwa pedagang yang berada di pinggir jalan pasar Tegalgubug bisa mencapai 500 pedagang yang terbentang kurang dari 1 KM di jalaur arteri.

“Sedangkan kalau dari angka  kios sendiri yang berada di luar dan dalam pasar bisa mencapai 5 ribu, kalau pedagangnya sendiri kurang lebih ada 10 ribu pedagang,” singkatnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Alumni Akabri 1999 Gelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar

Cirebon,- Alumni Akabri 1999 menggelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Rabu...

Aliansi Mahasiswa UGJ Gelar Unjuk Rasa di Jalan Bypass Kota Cirebon

Cirebon,- Aliansi Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jari (UGJ) menggelar unjuk rasa di Perempatan Lampu Merah Pemuda, Jalan Bypass, Kota Cirebon, Rabu (20/10/2021). Aksi tersebut...

Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka, Tim Program Matching Fund UGJ Gelar Workshop

Cirebon,- Tim Program Matching Fund Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar kegiatan Workshop Teaching Factory Digital Marketing dan Marketplace Digital Marketing. Kegiatan tersebut...

Horison Ultima Kertajati Siap Beroperasi Akhir Tahun 2021

Bekasi,- PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui anak perusahaan PT Sumber Tata Lestari melanjutkan pembangunan Hotel Horison Ultima Kertajati yang berlokasi di jalan Kadipaten...

More Articles Like This