Minggu, 17 Oktober 2021

Pertama di Mundu, Pasar Ikan Selo Pengantin Resmi Dibuka

Populer

750 Tanaman Bonsai Nasional Dipamerkan di Cirebon

Cirebon,- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cirebon menggelar Pameran Bonsai Nasional dan Exibisi Adenium hingga 12 Oktober 2021....

Selama Pandemi COVID-19, Pecinta Bonsai di Tanah Air Meningkat 40 Persen

Cirebon,- Selama Pandemi COVID-19 banyak masyarakat memiliki waktu luang untuk beraktivitas dan menyalurkan hobi. Seperti halnya pecinta tanaman hias...

Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Astana Gunung Jati

Cirebon,- Kirab Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 TNI, membawa bendera pusaka dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung...

Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Cirebon,- Sebanyak 17 atlet asal Kota Cirebon memperkuat kontingen Jawa Barat dalam PON XX 2021 Papua. Dari 17 atlet...

Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Cirebon,- Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan para pelaku bisnis hingga UMKM. Namun, pandemi ini tidak berpengaruh terhadap usaha...

Cirebon,- Kabupaten Cirebon kembali memiliki Pasar Ikan, setelah Pasar Ikan Selo Pengantin di Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon resmi dibuka, Kamis 1 April 2021.

Pembukaan Pasar Ikan Selo Penganten ini, merupakan salah satu bentuk sinergitas yang terjalin, antara forum nelayan Kecamatan Mundu, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cirebon, serta Cirebon Power.

Pasar ikan yang berada tepat di tepi Sungai Selo Penganten ini, menyediakan sekitar 20 lapak pedagang hasil laut. Mereka menjual berbagai hasil laut, seperti ikan, cumi, kerang, ataupun udang hasil tangkapan nelayan sekitar.

Loading...

Abdul Halim, Kepala Pasar Ikan Selo Penganten mengatakan keberadaan pasar ikan ini diharapkan meningkatkan potensi laut yang dimiliki Kabupaten Cirebon, dan mendorong ekonomi masyarakat.

BACA YUK:  Ratusan Warga di 15 Desa di Cirebon, Serentak Dilatih Literasi Digital

Ia berharap, Pasar Ikan Selo Penganten ini  bisa menjadi primadona di wilayah pesisir Cirebon dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya sangat berharap pasar ikan ini  membawa banhak manfaat bagi warga sekitar,” ujar Abdul Halim.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Avip Suherdian menuturkan pemerintah sangat mengapresiasi pembukaan Pasar Ikan Selo Penganten ini.

Avip juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power, yang menginisiasi pembukaan pasar ini. Menurut Avip, langkah yang dilakukan oleh Cirebon Power sudah sangat tepat.

“Yaitu ikut membuat program, untuk berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Avip.

Avip juga mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Cirebon akan berupaya untuk mendukung dalam sarana atau prasarana.

“Seperti jalan akses masuk, itu perlu diperbaiki,” pungkas Avip.

Sari, salah satu pedagang asal Desa Citemu Kecamatan Mundu mengaku senang dengan adanya pasar ikan ini. Karena menurut Sari, sebelumnya dia berjualan bersama orang tuanya di Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang.

BACA YUK:  21 Tahun Berkarya, Biznet Mantap Dukung Transformasi Era Digital di Indonesia

Jarak yang ditempuh untuk menuju Pasar Cipeujeuh cukup jauh. Berbeda dengan Pasar Ikan Selo Pengantin yang baru dibuka ini hanya beberapa menit saja dari kediamannya.

“Semoga saja pengunjungnya bisa lebih ramai lagi. Lebih enak di sini, tidak jauh,” kata Sari.

Hafid Saptandito, Community Development Manager Cirebon Power menuturkan, bahwa Pasar Ikan ini  merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi Cirebon Power, bekerjasama dengan Forum Nelayan dan instansi terkait lainnya.

Pasar ikan ini akan dikelola secara profesional, sehingga membuat nyaman para pengunjung. Upaya tersebut ujar Hafid, akan dimulai dengan diselenggarakannya sejumlah pelatihan untuk para pedagang.

“Ada pelatihan tentang higienitas dan standar kebersihan, serta pelatihan penunjang lainnya,” ujar Hafid.

Selain itu, ia juga berharap pasar ikan ini, nantinya bisa berkembang menjadi Tempat Pelelangan Ikan. Sehingga nantinya memiiki cakupan yang lebih   besar lagi.

Ia pun berencana, limbah dari pasar ikan ini akan dimanfaatkan untuk dijadikan biogas. Sehingga, selain pasarnya bisa membantu perekonomian masyarakat, lingkungannya juga tetap diperhatikan.

BACA YUK:  Rapat Bersama Dispora, Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Maksimalkan Potensi Pemuda dan Pembinaan Atlet

“Limbahnya, akan dimanfaatkan untuk portable biogas,” kata Hafid. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2 Kota Sekaligus! FIFGroup Fest Beri Kejuatan Promo di Samarinda dan Balikpapan

Samarinda,- FIFGROUP FEST kembali hadirkan event promo pertamanya di bulan Oktober dengan menyambangi 2 kota sekaligus, yaitu Kota Samarinda...

Musyawarah Nasional IMA Tetapkan Suparno Djasmin Sebagai President IMA Periode 2021-2023

Jakarta,- Seiring dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2019-2021, presidium IMA menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 2021. Munas yang diselenggarakan tiap...

Sampaikan Aspirasi, Warga Cucimanah Kota Cirebon Dapat Bantuan Kursi Roda dan Tongkat

Cirebon,- Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati memberikan bantuan kursi roda dan tongkat kepada warga Cucimanah Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu (16/10/2021). Bantuan...

Warga RW 04 Surapandan Keluhkan Infrastruktur ke Wakil Ketua DPRD

Cirebon,- Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah S.Sos melakukan kegiatan reses di RW 04 Surapandan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (15/10/2021). Kegiatan reses...

More Articles Like This