Selasa, 26 Oktober 2021

Moment Ramadan dan Idul Fitri 2021, Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Obim Village & Cafe Resto Tawarkan Suasana Pedesaan di Bawah Kaki Gunung Ciremai

Kuningan,- Obim Village & Cafe Resto menghadirkan konsep yang berbeda dari yang lain. Dengan pedesaan, Obim Village ini menyuguhkan...

Yayasan Wani Amal Cirebon Gelar Khitan Massal

Cirebon,- Sebanyak 30 anak mengikuti Khitan Massal 2021 yang digelar oleh Yayasan Wani Amal (YWA) Cirebon, Selasa (19/10/2021). Kegiatan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Jakarta,- Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekitar 39 persen dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya.

Menurut Nugroho, hal tersebut didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Loading...

“Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa,” ujar Nugroho dalam keterangan yang diterima About Cirebon, Senin (17/5/2021).

BACA YUK:  Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum, masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing tumbuh sekitar 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

BACA YUK:  Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

“Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends,” bebernya.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa.

Konsisten dalam mendampingi masyarakat agar dapat menjalani Ramadan dan Idulfitri setiap tahun dengan nyaman. Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi.

Seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat #BukaPintuKebaikan selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

BACA YUK:  Program Belajar Menanam Hidroponik untuk Anak-anak Sejak Dini

“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

“Bosch Virtual Chef” Tekankan 3 Kiat Kunci bagi UMKM Kuliner Indonesia untuk Menangkan Bisnis Pascapandemi

Jakarta,- UMKM kuliner menjadi kelompok sektor usaha yang paling terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Survei “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap...

Peringati Bulan Inklusi, OJK Cirebon Gelar Vaksinasi dan Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar

Cirebon,- Memperingati Bulan Inklusi Keuangan 2021, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon bersama Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat, Kantor OJK Tasikmalaya dan PT...

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 Digelar di Gegesik Cirebon

Cirebon,- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 41 di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin (25/10/2021). Pandemi Covid-19...

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Tim Unpad di Trusmi Manfaatkan QR Code sebagai Motif Batik

Cirebon,- Transformasi digital pada era industri 4.0 yang tengah terjadi membuat manusia harus melakukan adaptasi atau penyesuaian kehidupan dalam berbagai bidang dengan pemanfaatan Teknologi...

More Articles Like This