Nikmatnya Gurih dan Lembut, Kue Lumpur Bakar Ny. Eva di Cirebon

Cirebon,- Tidak perlu jauh-jauh ke Sidoarjo untuk menikmati kuliner Kue Lumpur Bakar. Pasalnya, kuliner khas Kota Petis itu kini sudah hadir di Cirebon, tepatnya di Perumahan Griyawinangun Permai A2, Pecilon, Kabupaten Cirebon.

Dengan nama Kue Lumpur Bakar Ny. Eva ini sudah hadir di Cirebon sejak Juli tahun 2023. Sebelum pindah ke Pecilon, Kue Lumpur Bakar Ny. Eva hadir di Jalan Aria Kemuning, Kota Cirebon sampai dengan bulan November 2023.

Cemilan manis ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan cetakan lalu ditutup dengan tungku khas yang berisi arang briket. Sehingga, menghasilkan aroma khas yang menggugah selera.

Kue Lumpur Bakar ini memilik bentuk bundar dengan cita rasa yang gurih manis dan dibalut dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Rasa dan teksturnya sangat pas dan bikin lumer di mulut.

BACA YUK:  Hadir dengan Fasilitas Lengkap, BPC HIPMI Kota Cirebon dan Dishub Jabar Buka Posko Mudik

 

Proses pembuatan kue lumpur bakar

“Kami memiliki dua varian Kue Lumpur Bakar, yakni Kue Lumpur Bakar Original dan Kue Lumpur Bakar isi kelapa muda,” ujar Eva Sofianty pemilik Kue Lumpur Bakar Ny. Eva kepada About Cirebon, Sabtu (9/3/2024).

Menurut Eva, adonan Kue Lumpur Bakar ini menggunakan santen yang kental, telur ayam, ditambah dengan terigu. Untuk menghasilkan adonan Kue Lumpur Bakar yang pas, Eva sampai mencoba meracik kue ini hingga 25 kali.

“Yang unik dari pembuatan Kue Lumpur Bakar ini adalah menggunakan cetakan bundar, kemudian ditutup dengan tungku khas yang diisi denga arang briket. Sehingga aroma dari kue ini sangat khas,” ungkapnya.

Dalam sehari, Kue Lumpur Bakar Ny. Eva menghabiskan 10 liter adonan atau dapat menghasilkan hingga 200 pcs.

BACA YUK:  Bupati Imron Berikan Penghasilan Tetap dan BPJS Ketenagakerjaan untuk Para Kuwu dan Perangkat Desa

Bahkan, menurut Eva, pembuatan Kue Lumpur Bakar ini pernah sampai 400 pcs atau sekita 20 liter adonan.

Kue Lumpur Bakar Ny. Eva bisa tahan hingga 12 jam dalam udara terbuka. Namun, bila disimpan dalam lemari pendingin bisa kuat sampai satu hari.

“Sampai saat ini sudah banyak pemesanan dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, dan Bekasi. Untuk pengiriman, kita menggunakan travel agar cepat sampai,” katanya.

Ingin mencoba kuliner yang satu ini, Kue Lumpur Bakat Ny. Eva buka setiap hari Senin – Sabtu, Minggu tutup.  Bukanya dari pukul 08.00 sampai 16.30 WIB, tapi biasanya jam 14.00 WIB sudah habis.

Selama bulan Ramadan nanti, kata Eva, Kue Lumpur Bakar akan buka mulai pukul 15.00 – 20.00 WIB. Selain cocok untuk cemilan, kue ini juga bisa dijadikan sebagai takjil pada saat bulan ramadan nanti.

BACA YUK:  Hadapi Arus Balik 2024, Jalur Alternatif di Wilayah Jabar Dapat Dimanfaatkan Pemudik

“Untuk harga, Kue Lumpur Original di jual dengan harga Rp. 3.000 dan Kue Lumpur Bakar isi kelapa muda Rp. 3.500. Sekarang juga kami menambah cemilan Ketan Bumbu yang dijual Rp. 4.000 per-pcs,” bebernya.

Penasaran dengan rasa dan teksturnya, kalian nisa langsung melakukan pemesanan dengan menghubungi WhatsApp di nomor 081334129832 atau 082115768831.

“Bagi yang ingin mencoba dan penasaran dengan Kue Lumpur Bakar khas Sidoarjo ini, bisa langsung pesan nomor 081334129832 atau 082115768831. Karena untuk yang pesan dalam jumlah yang banyak, bisa melakukan pemesanan H-1 atau sehari sebelumnya,” pungkas Eva. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *