Mengenal Lebih Dekat Wisata Edukasi Bukit Bambu Cirebon

0
540
Wisata Edukasi Bukit Bambu

Cirebon,- Adanya Tol Cipali dan beroperasinya Bandara BIJB Kertajati menambah akses untuk menuju ke Cirebon semakin mudah. Bertambahnya akses tersebut membuat wisatawan banyak ke Cirebon dan itu juga bisa menjadi peluang bisnis pariwisata di Cirebon.

Salah satu objek wisata yang hadir di Cirebon adalah Wisata Edukasi Bukit Bambu yang berlokasi di Jalan Raya Cirebon – Kuningan, Gronggong, Cirebon.

Aston Hotel

1. Fasilitas di Bukit Bambu

Menurut Pengelola Bukit Bambu, M. Jauharul Fuad kepada About Cirebon mengatakan banyak fasilitas yang ditawarkan di Bukit Bambu. Inilah yang ada di Bukit Bambu saat ini dan kedepannya :

Pengunjung bisa bermain dengan hewan ternak.

• Bamboo tracking ; jalan-jalan sambil melihat berbagai jenis bambu (saat ini masih belum lengkap)
• Berkreasi dengan bamboo ; pengunjung bisa membuat kreasi dari bamboo dan disediakan juga para pengrajin yang akan membimbing, penyediaan material, dan alatnya juga.
• Rumah pohon terbuat dari bamboo.
• Aula Bambu ; bisa santai istirahat sambil menikmati view Gunung Ciremai
• Melihat proses/instalasi pengawetan bambu.
• Bermain dengan hewan ternak ; saat ini sudah ada ada kambing sama kelinci
• Tempat Piknik : disediakan tikar, pengunjung bisa makan di situ dan boleh membawa makanan sendiri

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3
Rumah Bambu

2. Tujuan Edukasi Wisata Bukit Bambu

Bukit Bambu ini sebagai sarana sharing komunitas bambu, dari petani hingga pengrajin, arsitek, pedagang, dan stake holder lainnya.

“ Saya ingin menjadikan wilayah Beber (Kab. Cirebon) sebagai sentra kerajinan bambu, karena potensi bambu ada, pengrajin ada. Meskipun masih minim, pasar akan ada karena strategis di lintasan wisata,” ujar Fuad.

3. Oleh-oleh dari Bukit Bambu

Fuad menambahkan bahwa wisata ini intinya edukasi mengenai bambu. Untuk itu, pengelola menyediakan souvenir yang semua dari bamboo seperti sedotan, sikat gigi, teh, charcoal powder untuk masak atau maskeran, face sponge, charcoal untuk masker muka, kaos, kaos kaki, rak baju lipat, dan lainnya.

Tempat sampah di Bukit Bambu

“ Semua potensi bambu mau kita perkenalkan baik untuk kerajinan, mebel, konstruksi, makanan, dan lainnya,” tutur Fuad.

4. Tiket Terjangkau dan Parkiran Luas

Bukit Bambu buka pada Sabtu dan Minggu jam 09.00 – 16.00, dengan tiket masuk Rp 15ribu, mendapatkan air mineral Mountoya dan nanti botol Mountoya di akhir tracking ditukar cindera mata dari bambu. Namun selama musim liburan 30 Desember 2018 – 6 Januari 2019 buka setiap hari.

Dan pengunjungpun tidak perlu khawatir dengan lahan parker, karena parkiran bisa muat 100 mobil dan 15 bus. Yuk berkunjung ke Bukit Bambu! (AC400)