Masa Angkutan Lebaran 2019, PT. KAI Menambah 3 sampai 5 Persen Tempat Duduk

0
26
Direktur Utama PT. KAI (Persero), Edi Sukmoro

Cirebon,- Komisaris dan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) beserta jajaran meninjau persiapan masa angkutan lebaran tahun 2019 di Stasiun Kejaksan Cirebon, Selasa (23/4/2019).

1. Mengecek Kesiapan

Aston Hotel

Pada inspeksinya di Stasiun Cirebon, Direktur Utama PT. KAI (Persero), Edi Sukmoro beserta rombongan meninjau berbagai fasilitas pelayanan penumpang, serta melihat langsung situasi dan kondisi Stasiun Cirebon.

Edi mengatakan kegiatan inspeksi sama seperti tahun-tahun yang lalu, apa kesiapan yang sudah dilakukan oleh masing-masing stasiun antara, termasuk stasiun destinasi.

“Semua sudah kita lakukan, sekaligus juga mau mengecek Coworking Space yang baru saja kemarin diresmikan sama Menteri BUMN,” ujar Edi kepada awak media.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

“Barangkali ini (Coworking Space) sangat berguna buat teman-teman atau anak-anak milenial yah,” tambahnya.

2. Perjalanan Kereta Lebaran

Dalam kesempatan tersebut, Edi memprediksi kenaikan penumpang pada masa angkutan lebaran tahun 2019 dengan tempat duduk yang disediakan naik kira-kira mencapai 3-5 persen yang operasian lebaran dimulai H-10 sampai H2+10.

“Pada tahun lalu perharinya kami menyiapkan 236 ribu tempat duduk dan tahun ini menyiapkan 247 ribu tempat duduk perhari,” ungkapnya.

Selain itu, untuk kereta api tambahan, lanjut Edi, secara keseluruhan menyiapkan 50 perjalan kereta api.

“Tambahan sudah kita jual juga dan penjualan sampai hari ini sudah mencapai 43,5 persen,” terangnya.

Baca juga ya Komisaris dan Dirut PT. KAI Tinjau Persiapan Masa Angkutan Lebaran 2019 di Stasiun Cirebon

3. Penjualan Tiket

Edi mengingatkan, walapun penjualan baru 43,5 persen, bukan berarti baru separo yang terjual, karena penumpang mungkin saja belum memesan tiket arus baliknya.

“Biasanya 30 hari sebelum, baru ramai tiket-tiket tersebut terjual,” jelasnya.

Edi menjelaskan, yang dikatakan tiket habis biasanya terjadi pada perjalan H-1 sampai H-5. Untuk H-6 sampai H-10 masih ada ketersedian tempat duduk.

4. Perlintasan Sebidang

Sementara itu, terkait dengan palang pintu yang tidak terjaga, pihaknya akan menempatkan petugas-petugas selama masa angkutan lebaran 2019.

Vice President (VP) PT. KAI Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi mengatakan di wilayah Daop 3 Cirebon terdapat 192 perlintasan sebidang, dan yang resmi tidak dijaga sebanyak 90 perlintasan sebidang.

“Ketika lebaran, kita akan menambah 56 titik yang akan dijaga, dengan mengerahkan 166 personil ekstra penjagaan,” jelasnya.

Tamsil menambahkan, untuk tahun ini ada plusnya, yakni perlintasan liar akan ditutup sebanyak 21 perlintasan sebidang di Daop 3 Cirebon. (AC212)