Ketua IDI Kota Cirebon: Saya Yakin Hepatitis Akut Misterius Tidak Menjadi Penyakit Pandemi

Cirebon,- Sampai saat ini penyakit Hepatitis Akut Misterius masih belum diketahui penyebabnya. Tetapi, pemerintah dan tim kesehatan masih terus memantau perkembangan penyakit Hepatitis Akut Misterius.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr. Edial Sanif mengatakan pemerintah bersama tim kesehatan masih terus bergandengan tangan untuk memantau perkembangan penyakit Hepatitis Akut Misterius.

Menurut dr. Edial, penyebaran penyakit Hepatitis Akut Misterius ini tidak terlalu cepat penyebarannya. Sehingga, penyakit ini tidak akan menjadi pandemi.

“Alhamdulillah penyakit ini tidak terlalu cepat penyebarannya. Saya yakin penyakit ini tidak akan menjadi penyakit pandemi,” ujar dr. Edial saat ditemui About Cirebon saat kegiatan seminar kesehatan, Sabtu (21/5/2022).

BACA YUK:  OPINI : Agent of Change

Masalah pandemi COVID-19, kata dr. Edial, betul-betul menguras tenaga, pikiran, fisik, dan pandemi selama dua tahun ini cepat berakhir, serta tidak ada lagi penyakit-penyakit lain.

“Khusus untuk penyakit Hepatitis Akut Misterius pada anak dan baru ditemukan di beberapa kota, diharapkan tidak menyebar lagi nantinya,” kata dr. Edial.

Hepatitis Akut Misterius, kata dr. Edial, diperkirakan penyebarannya lewat makanan. Sehingga, makanan harus diperhatikan dan untuk anak-anak jangan makan sembarangan, makanan anak diawasi dengan baik, dan cuci tangan.

BACA YUK:  Mengenal Gejala Hepatitis Misterius Akut, ini Penjelasan dr. Rusli Suhandi

“Kalaupun pakai sendok, sendok harus dibersihkan terlebih dahulu, jangan sampai alat makan bergantian dengan yang lain. Serta protokol kesehatan harus diperhatikan, walaupun secara umum Presiden telah mengumumkan terkait kelonggaran penggunaan masker,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 29 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.