Kadin Kota Cirebon dan Telkom Sepakati Digitalisasi bagi UMKM

CIREBON – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon bekerja sama dengan Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Cirebon. Kerja sama ini dalam rangka pengembangan UMKM dari sisi digital.

Sebagai bentuk implementasi kerja sama ditandatangani nota kesepahaman atau MoU yang ditanda tangani Ketua Harian Kadin Kota Cirebon, Dra Ismayasari dan GM Telkom Witel Cirebon, Ferry Zuljanna di Kantor Telkom, Jalan Pagongan No 11 Kota Cirebon, Jumat (15/7).

Ketua Harian Kadin Kota Cirebon, Ismayasari menjelaskan jika, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan turunan dari MoU yang dilakukan sebelumnya oleh Kadin Jawa Barat dan Telkom Jawa Barat.

BACA YUK:  Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jual Beras Murah

Sehingga Kadin Kota Cirebon dan Telkom Witel Cirebon dapat menjalani kemitraan bersama bagi sejumlah program yang disinergikan. Antara lain bisnis digital, pemanfaatan digital bagi UMKM serta program kepariwisataan.

“Ini turunan dari MoU Kadin Jawa Barat dengan Telkom Jawa Barat. Kalau di level Kota Cirebon itu sudah ruang lingkup ke teknis pelaksanaan apa yang bisa dikolaborasikan bersama,” kata Is sapaan Akbar Ismayasari.

Ditambahkan Ismayasari, banyak bentuk kegiatan sebagai hasil kerja sama Kadin Kota Cirebon dan Telkom Witel Cirebon. Misalnya mengadakan pelatihan bagi UMKM agar terampil memanfaatkan digital agar mendulang omzet yang optimal.

BACA YUK:  Kadin Gandeng KPP Pratama Cirebon Satu Sosialisasi Pajak Bagi Pengusaha di Untag Cirebon

Sementara itu, GM Telkom Witel Cirebon, Ferry Zuljanna menjelaskan jika pihaknya turut aktif dalam melalukan pembinaan UMKM. Hal itu sebagai bagian dari tanggung jawab sosial BUMN kepada masyarakat.

“Telkom Cirebon diamanahi Kementerian BUMN untuk memperhatikan UMKM sehingga ada beberapa kegiatan yang bersifat pembinaan,” jelas Monica.

Ferry menambahkan pihaknya sengaja menggandeng Kadin Kota Cirebon dalam pembinaan UMKM agar lebih optimal.

“Ruang lingkupnya mencakup dukungan kedua belah pihak antara Kadin dan Telkom. Harapannya bisa ada realisasi ril untuk mendukung digitalisasi UMKM,” jelas Ferry.

BACA YUK:  Ketersediaan Pasokan dan Harga Pangan, Inilah Langkah Pemda Kota Cirebon Jaga Stabilitas Ekonomi

Keberadaan Kadin yang merupakan wadah perkumpulan para pelaku usaha ini dapat berpengaruh positif bagi bisnis Telkom.

“Harapannya Kadin dan Telkom saling membantu dari sisi bisnisnya maupun menghubungkan ke pelaku usaha,” katanya. (*)

(Dilihat: 74 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.