Jumlah Penumpang Kereta Api di Daop 3 Cirebon Alami Kenaikan pada Libur Natal dan Tahun Baru 2019

0
30
Kereta api saat melintas di Stasiun Cirebon

Cirebon,- PT. KAI Daop 3 Cirebon menggelar press conference terkait evaluasi masa angkutan Natal 208 dan Tahun Baru 2019, yang berlangsung di salah satu rumah makan di Jalan Cangkring, Kota Cirebon, Rabu (16/1/2019).

Masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru 2018/2019) yang dimulai tanggal 20 Desember 2018 telah berakhir pada 6 Januari 2019 lalu.

Aston Hotel

1. Jumlah Penumpang Alami Kenaikan 20 Persen

Selama 18 hari pelaksanaan angkutan Nataru 2018/2019, PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat telah memberangkatkan sebanyak 115.110 penumpang dari stasiun-stasiun yang berada di wilayah kerja Daop 3 Cirebon.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Kuswardojo mengatakan jumlah penumpang yang diangkut tahun ini mengalami peningkatan sebesar 20 persen.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, hanya sebesar 109.459 penumpang,” ujarnya kepada awak media.

2. Jumlah KA Penumpang selama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Menurut Kuswardojo, jumlah KA penumpang yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 94 KA.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Kuswardojo

PT KAI Daop 3 sendiri menyiapkan 8 KA tambahan seperti Cirebon Ekspress Fakultatif, Argojati Fakultatif, Senja/Fajar Cirebon dan Argojati tambahan untuk melayani rute Jakarta – Cirebon (PP) yang mulai dioperasikan secara bertahap sejak 20 Desember 2018.

“Kapasitas angkut harian rata-rata sebanyak 6.395 penumpang. Kalau dirata-rata, peningkatan dari tahun lalu yang hanya 5.737 penumpang perhari,” bebernya.

3. Penyebab Kenaikan Jumlah Penumpang

Kenaikan volume penumpang ini, kata Kuswardojo, antara lain ditunjang karena adanya penumpang dinamis, peningkatan jumlah perjalanan KA dan meningkatnya minat masyarakat akan angkutan KA.

“Secara umum, pelaksanaan angkutan Nataru kali ini berjalan dengan aman, lancar, dan selamat. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan KA pada masa angkutan Nataru tahun ini,” ungkapnya.

4. Akan terus tingkatkan pelayanan

Pihaknya berharap, dengan semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan transportasi KA, bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memilih menggunakan transportasi KA sebagai moda mobilitas kesehariannya.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengucapkan terima kasih kepada pengguna jasa KA, Pemerintah melalui Kementrian BUMN, Kemenhub, TNI, Polri, serta anggota Komunitas pecinta KA yang telah membantu dan menjadikan perjalanan KA pada masa angkutan Nataru 2018/2019 ini berjalan aman dan lancar.

Pada tahun 2019 ini, menurut Kuswardojo, PT KAI akan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

“Peningkatan mutu pelayanan, operasional dan pemasaran selalu mengacu pada empat pilar utama yaitu keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan,” tandasnya. (AC212)