Selasa, 25 Januari 2022

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Ajak Rekatkan Kembali Perbedaan di Situasi Pemilu

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Ketua Komisi II DPR RI, Herman Khaeron menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang berlangsung di Hotel Zamrud, Jalan Dr. Wahidin, Kota Cirebon, Rabu (16/1/2019).

Digelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, dalam rangka menjelang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

“Menjelang pemilu ini, rasa-rasanya kita terpolarisasi, masyarakat terbelah dan kita melihat bahwa kalau kita kemudian tidak mampu merekatkan kembali dan terus ini menjadi sebuah proses yang tidak bisa kita antisipasi, tentu ini kedepannya sangat berdampak negatif,” ujar Herman Khaeron kepada About Cirebon.

Loading...

1. Mengajak dan merekatkan kembali perbedaan di suasana pemilu

Herman Khaeron mengajak kepada siapapun, komponen bangsa khusunya para Majelis Permusyawaratan Rakyat, yang tentu memiliki program berkaitan dengan sosialisasi empat pilar untuk mengajak dan merekatkan kembali perbedaan didalam suasana pemilu tahun 2019.

BACA YUK:  GH Barbershop Manjakan Pelanggan dengan View Kebun Hidroponik

Menurutnya, perbedaan didalam suasana pemilu adalah wajar, karena memang ada beda pilihan. Tetapi, kalau kemudian bahwa meruncing menjadi sebuah perbedaan yang berdampak negatif dikemudian hari, kita harus turun dan menyadarkan masing-masing komunitasnya.

“Untuk juga menjaga harmonisasi, menjaga kerukunan antar pendukung. Sehingga, proses empat pilar yang menjadi sebuah dasar dan tegakan berdirinya negara Republik Indonesia ini juga harus dijaga melalui sebuah proses-proses yang merekatkan semua komponen bangsa,” ungkapnya.

2. Harus Bersatu Kembali

Bila kita ingin melihat bagaimana nilai-nilai Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI harus diwujudkan dalam lingkungannya.

Maka itu, kata Herman, pihaknya mengundang dan mengumpulkan para pengurus DPC, PAC, kemudian tokoh masyarakat, komponen yang selama ini menjadi sahabat dan saudara kami di Cirebon untuk disadarkan dan diberikan pengertian.

BACA YUK:  Komitmen Dukung Gerakan Zakat, Wali Kota Cirebon Terima Penghargaan Baznas Award 2022

“Bahwa sesungguhnya perbedaan di dalam pemilu adalah wajar sesaat, dan kemudian kita harus bersatu lagi dan tentunya harus kita songsong pemilu sebagai proses demokrasi rakyat dengan damai, tertib, jujur dan adil,” terangnya.

“Yang tentu, ini sebagai mesin politik juga harus menciptakan pemimpin-pemimpin yang kelak kedepan bisa membawa harapan dan aspirasi rakyat dan bisa mempersatukan seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

3. Fokus pada kerukunan

Menjelang pemilu tahun 2019, sosialisasi empat pilar kebangsaan lebih difokuskan agar semua elemen masyarakat tetap rukun dengan perbedaan pilihan.

Karena, kata Herman, bangsa Indonesia mau merdeka butuh waktu yang lama dan sangat rugilah mengisi kemerdekaan dengan ketidak rukunan.

“Jadi ayo kita satu kan lagi, teman-teman berjuang dengan koridornya masing-masing dan tentu pada akhirnya nanti harus bersatu menyongsong Indonesia yang lebih baik,” bebernya.

4. Situasi politik

Kondisi politik di Indonesia menurut pandangan Kang Hero sapaan akrab Herman Khaeron, sejauh ini di tahun politik pasti memanas, dan pasti perbedaan itu ada.

Karena, lanjut Kang Hero, tahun ini ada 16 partai yang berkompetisi dan sudah pasti ada 16 perbedaan mereka untuk sama-sama mengambil hati dan pikiran rakyat.

“Dan kemudian, kalau diturunkan kembali ada beberapa ribu caleg yang tentu juga mereka bertarung untuk memperebutkan simpati dan kepemilihan rakyat untuk memilih dirinya,” katanya.

“Otomatis ini ada situasi yang menghangat. Oleh karena itu, menurut saya ini harus disadari oleh kita semua bahwa ini proses yang tentu jangan kita kemudian larut dalam perbedaan-perbedaan itu, karena perbedaan itu hanya sesaat saja, selebihnya adalah kita berpikir Indonesia. Kedepan, setelah pemilu mari kita jaga pemilu ini supaya damai, tertib dan kedepan tetap menjaga empat pilar kebangsaan,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Rayakan Hari Jadi yang Pertama, GH Kopi Cirebon Gelar Event GH Jazz Day

Cirebon,- Green House (GH) Kopi Cirebon yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 113, Kedungjaya, Kabupaten Cirebon menggelar...

Pemda Kota Cirebon Mulai Pelaksanaan Vaksinasi Booster COVID-19 untuk Lansia dan Pelayanan Publik

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mulai menjalankan program vaksinasi dosis tiga atau booster. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga tersebut berlangsung di Gedung Sekretariat...

Kementerian PUPR Targetkan Seluruh Seksi Tol Cisumdawu Rampung Tahun 2022

Bandung,- Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 baru saja diresmikan Senin 24 Januari 2022, selanjutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh proyek selesai...

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara Cileunyi dan Pamulihan. Adapun tarif tol...

More Articles Like This