Ini Hasil Kreativitas Siswa SMAN 4 Kota Cirebon Angkat Icon Cirebon Lewat Kaos

0
151

Cirebon,- Anak-anak muda yang masih duduk dibangku sekolah SMAN 4 Kota Cirebon membangun perusahan fashion sendiri dan berani bersaing dengan merk-merk ternama seperti Joger di Bali dan Dagadu di Yogyakarta.

Siswa-siswi SMAN 4 Kota Cirebon yang tergabung dalam perusahaan dengan nama brand “Kita Jeh” ini memproduksi kaos yang bertemakan kearifan budaya lokal Cirebon.

Aston Hotel

Baca juga ya SMAN 4 Satu-satunya Sekolah Penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon

Baca juga ya Program Kewirausahaan di SMAN 4 Kota Cirebon Sebagai Pembentukan Karakter

Perusahaan Kita Jeh merupakan kelompok usaha dari gabungan siswa-siswi yang telah berhasil dalam Program Kewirausahaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahap pertama.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Program Kewirausahan di SMAN 4 Kota Cirebon adalah satu-satunya sekolah penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon, yang mendapat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu dari sepuluh siswa yang terbagung dalam perusahaan Kita Jeh, Saskia Dyra, kelas XI IPA mengatakan tema yang yang diambil untuk desain kaos Kita Jeh mengusung kearifan lokal, tetapi tetap disisipkan dengan modern.

“Karena kan, jaman sekarang banyak tuh model-model yang modern, dan budaya lokal kita tertinggal,” ujarnya kepada About Cirebon, Kamis (13/12/2018).

“Jadi, kita berharap dengan adanya Kita Jeh tetap menghidupkan budaya-budaya lokal yang kini mungkin dilupakan,” imbuhnya.

Menurut Dyra, sapaan akrabnya menjelaskan mengusung tema kearifan lokal Cirebon ini tetap dibukus dengan gaya kekinian, agar bisa masuk di semua kalangan.

“Anak muda sekarang kan kebanyakan gengsi menggunakan kaos yang bertemakan seperti ada bahasa jawanya atau bahasa daerah. Sehingga dengan adanya desain Kita Jeh, anak muda tidak melupakan budaya kearifan lokal dari daerahnya,” ungkap Dyra.

Walaupun masih tergolong muda, siswa-siswi SMAN 4 Kota Cirebon mampu membuat desain sendiri dan pemasarannya juga memanfaatkan jejaring media sosial dan forum jual beli.

Untuk temanya desainnya, yang diambli oleh Kita Jeh mengakat icon-icon Cirebon seperti letak geografis Cirebon, tahun kelahiran Cirebon dan masih banyak lainnya.

“Kita ingin deskripsikan Cirebon lewat kaos. Ini loh Cirebon sehingga orang luar bisa mengenal lebih jauh tentang Cirebon,” bebernya.

Kaos Kita Jeh dibandrol dengan harga Rp. 99 ribu, dan yang berminat ingin memiliki kaos Kita Jeh bisa langsung pesan lewat Instagram di @KitaJeh.catalogue

“Alhamdulillah, sudah banyak pesanan dari luar kota, seperti ke Jakarta dan kota lainnya,” tandasnya. (AC212)